Minggu, 23 Desember 2012

Pemulihan Anak dan Bapak

Wed, Dec 19, 2012
Pdt. Petrus Hadi Santoso

Mat1:18-25
Pada waktu Yesus ada didunia, Dia 100% Allah dan 100% Manusia. Ada masa kritis yang harus dilewati Maria dan Yusuf. Yusuf hampir menolak Yesus, karena secara logika, Yusuf baru tunangan tapi Maria sudah mengandung. Alkitab berkata "diam-diam Yusuf mau menceraikan Maria. Itu adalah masa-masa kritis secara manusia. Baru setelah malaikat meneguhkan hati Yusuf, dia terbuka dan mau terima Yesus. Perbuatan yusuf melahirkan sesuatu yang ilahi.

Lukas 2:52
Dua sisi 100% perbuatan Allah tetapi juga 100% disempurnakan sebagai manusia. Seandainya Yusuf tidak mau terima Yesus maka Yesus lahir sbg anak yang ternoda dan jiwa rusak. Tuhan mau supaya dalam pernikahan melahirkan keturunan yang lebih baik daripada orang tuanya.

Maleaki 4:5-6
Maksut kedatangan Tuhan adalah pemulihan segala sesuatu. Tubuh, jiwa dan roh serta ekonomi kita dipulihkan. Kalau hubungan anak dan bapak tidak terjadi maka Tuhan akan memukul bumi. Yang pertama bukan hubungan suami dengan istri melainkan anak dengan bapak. Kalau anak sakit sering ke diskotik atau yang main dan bukan ke bapak, merupakan akibat kalau hubungan anak dan bapak tidak beres.

Akibat hubungan anak dengan orang tua tidak harmonis: keras, bejat, cari pergaulan yang tidak benar, narkoba, memenuhi kedagingan, seks bebas. Bukan sanggup tidak sanggupnya kita menanggapi firman tetapi mau atau tidak maunya.
Agama memberi perintah tetapi Yesus memberi kuasa untuk mengampuni. Kalau engkau tidak menghentikan sedini mungkin maka setan akan menuntut kita terus.

Ketika engkau merasa kecewa dengan kedua orang tuamu maupun kepada anakmu, minta supaya Tuhan yang memampukan kita. Hal yang sulit kita lakukan adalah mengampuni disertai mengasihi. Ketika kita tidak mau mengampuni, maka Bapamu yang di surga juga tidak mengampuni. Ketika hubungan anak dengan bapak harmonis maka hubungan mereka dengan Tuhan paralel.

Tuhan juga minta supaya kita memperbaharui perjanjian dengan Bapa. Anak-anak harus nurut dengan Bapa yang disurga. Mulai dari membaca alkitab, doa, menyembah dll maka kita akan lihat berkat-berkat luar biasa mengalir.

Tidak ada komentar: