Selasa, 11 Desember 2012

Membangun Tembok Yerusalem

Minggu Sore, 9 Desember 2012
Ko Yosef

Nehemia 1:1-5
Ada sesuatu yang dasyat bagi Nehemia untuk membangun kembali gerbang Yerusalem.

Nehemia 2:10
Sanbalat salah seorang bupati di Yerusalem. Ia ingin melebarkan sayap kekuasaannya. Sebelum Nehemeia datang, dia sudah ada.

Yerusalem adalah diri kita. Ketika sesuatu yang besar akan dinyatakan dalam diri kita, yang bangkit melawan kita pertama kali adalah adalah ke
dagingan. Sanbalat artinya ikatan dosa yang tidak mau lepas.
Yang memberontak diri kita bukan dari luar melainkan manusia lama kita. Hari-hari ini Tuhan suruh cek diri kita.

Cara membangun tembok Yerusalem
Nehemia 4:4 (perhatikan manusia lama kita)
Cara Nehemia menghadapi sanbalat adalah berdoa menghadap Tuhan. Cara kita menghadapi diri kita dengan datang kepada Tuhan. Sanbalat bisa habis kalau kita kuat

1 Samuel 24:1-7 (jangan mengurusi yang lain)
Daud tidak mengurusi yang bukan urusannya. Saul sudah banyak kali mau membunuh Daud. Akan tetapi Daud ngerti bahwa itu bukan bagian dia, itu bagian Tuhan. Kalau kita mengurusi yang bukan bagian kita, itu sia-sia. Daud mengerti apa bagiannya Tuhan dan apa bagiannya dia.
Ayat 12
Daud tidak pernah mengotori tangannya dengan hal yang tidak perlu.
Ayat 17-23
Bagian qta mengerjakan apa yang Tuhan perintahkan bukan mengurus saul2 dunia. Maka kutuk itu diubah jd berkat.
Ini waktu Tuhan mengerjakannya.

Nehemia 6:15-16
Ketika kita terus mengerjakan bagian kita. Maka musuh akan melihat yang kerja adalah Tuhan. Mereka gemetar akan apa yang kita alami.

Kalau kita terus mengurusi yang bukan bagian kita maka tembok yerusalem kita tidak akan terbangun dan terselesaikan. Sebaliknya kalau kita terus mengerjakan bagian kita, lihatlah cara Tuhan yang ajaib terjadi.

Yosua 1: 1-9 (kuatkan dan teguhkan hatimu)
Yosua adalah salah 1 dari pengintai. Kanaan isinya orang dan kelimpahan yang besar-besar. Anggurpun harus dipikul. Kita mau memasuki tanah Kanaan. Tuhan berkata "siapkan dirimiu, kuatkan dan teguhkan hatimu, jangan tawar hati, Kmu akan menghadapi sesuatu diluar pikiran, jangan buta hati, jangan kecut, jangan gentar."
Sering kita berkata "kenapa imanku down?" Sesungguhnya Tuhan pun berkata: "didepan ada sesuati yang besar, Kuatkan dan teguhkan hatimu." Tuhan tidak bilang bangun pasukan melainkan kuatkan dan teguhkan hatimu.

Tuhan memberkati kita sangat mudah seperti membalikkan telapak tangan. Tepati sulit membentuk karakter diri kita.

20 tahun Yoshua menikmati tanah kanaan. Kalau kita mau masuk kanaan jaga sikap hati. Kalau tidak sabar menantikan segalanya ujungnya adalah ketawaran hati.

Tidak ada komentar: