Senin, 17 Desember 2012

Hidup Dalam Zona Tuhan

Minggu, 16 Des 2012
Pdt. Petrus Hadi Santoso

1 Tes 5:1-11
Ayat pertama bicara tentang akhir zaman. Ada tanda yang mudah kita tangkap yaitu dalam ayat ke-3. " Apabila mereka mengatakan: Semuanya damai dan aman--maka tiba-tiba mereka ditimpa oleh kebinasaan, seperti seorang perempuan yang hamil ditimpa oleh sakit bersalin--mereka pasti tidak akan luput."
Yang menjadi baro meter atas akhir zaman adalah timur tengah. Kalau kita dengar perang antara Israel dan Palestina, maka itu merupakan tanda dari Tuhan supaya kita berjaga-jaga. Karena kalau Israel dan Palestina damai dan aman-aman maka kebinasaan datang. Dan waktu kedatangan Tuhan ke-2 kali sudah tiba. Olehnya antara Roh dan fakta saling bertolak belakang. Ketika perang, Tuhan suruh berjaga-jaga. Kalau damai maka kesudahan segala sesuatu terjadi.

Ayat 6
Sebab itu baiklah jangan kita tidur seperti orang-orang lain, tetapi berjaga-jaga dan sadar.
Kalau dalam diri kita aman, tidak ada masalah maka itu masa-masa kehancuran. Makanya Tuhan tidak bawa kita ke zona aman.
Kalau kita mau buka usaha. Sudah doa, puasa, dipimpin Tuhan. Tetapi kita diijinkan mengalami kerugian. Maka itu tanda Tuhan mau berkata "bangun Nak, berjaga-jagalah."

Zona Tuhan yang dimaksut bukan berarti mencari-cari masalah, sehingga kita berkata aku dapat masalah karena Tuhan , padahal kita yang mencarinya. Tapi firman Tuhan hendak berkata kalau kita mendapat suatu masalah, itu tandanya Tuhan cinta akan engkau.

Setiap masalah yang Tuhan ijinkan terjadi dalam hidup kita supaya kita teruji dan lebih berjaga-jaga mengandalkan kekuatan Tuhan. Ada harga yang harus dibayar atas setiap apa yang Tuhan ijinkan terjadi. Bagian kita adalah menuntaskan setiap masalah yang ada. Ada banyak orang ingin berhasil tetapi tidak mau bayar harga sehingga keinginan itu hanya tinggal keinginan.

Dalam perjalanan ke Israel membuka 12 gerbang yang dari Tuhan dan menutup 12 gerbang musuh ada banyak hal-hal ajaib terjadi. Pada waktu mengerjakan mengerjakan 12 gerbang tidak semudah yang dipikirkan karena lokasinya sudah berubah menjadi jalan raja, pemukiman dll. Tetapi anugerah Tuhan, berhasil ditemukan titik tepatnya Yesus dibaptis, Maria ditemui malaikat, ke-12 gerbang Nehemia dll. Pada waktu mengerjakan, hujan turun sehingga mereka harus kehujanan untuk bayar harga dari semua itu. Anugerah Tuhan kalau ke-12 gerbang sudah terbuka. Kita tidak mau dalam zona nyaman, tapi kita mau bergerak hidup dalam zona Tuhan. Rabu 19 Desember 2012 natal di Magelang dan Kamis 20 Desember 2012 natal di Temanggung, impartasi berkat 12 gerbang yerusalem.

Tidak ada komentar: