Jumat, 04 Juli 2014

TOV - ITW


Fri, Jun 27, 2014

Sebelum pemulihan kita akan dididik, dibentuk. Disatu sisi ada anugerah, Tuhan akan pakai anak kecil, kita yang tidak mampu. Disisi lain untuk diangkat kita harus sungguh-sungguh cemerlang, berkenan, putih bersih. Karena cinta Tuhan akan proses hidup kita. Kalau kita berfikir Tuhan mau datang dan kita hidup enak-enak saja maka itu salah besar. Kita harus punya hati rela karena pisau itu akan mengerat kedagingan kita bahkan membunuh kemarahan, keegoisan. Kita harus rela kalau Tuhan utus kita ke tempat-tempat yang sulit dijangkau. Tuhan lakukan itu karena kita harus diangkat dan supaya menggenapi destiny kita. Kerjakan apa yang harus kita lakukan. Tuhan cuma butuh kita mau selebihnya urusan Tuhan.

Kejadian 1:31
Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam.


Dalam bahasa asli dikatakan Tuhan buat-buat-buat dan ketika semuanya jadi jalan kemudian dicek. Apa yang Tuhan buat berfungsi/bekerja seperti seharusnya. Dalam hidup kita diberi karunia, urapan, pengertian, hikmat, kekayaan, kesempatan. Tuhan beri banyak dan sangat banyak. Hari-hari ini apakah talenta, karunia, kekayaan kita berfungsi dengan baik? Kalau kita punya talenta nyanyi apakah tiap pagi kita menyanyi atau hanya pada saat di gereja saja? Kalau hanya menyanyi saat di gereja saja, itu namanya tidak berfungsi. Tuhan kasih kesempatan untuk menikmati kekayaan miliaran. Kalau didepositkan dan bunga sedikit padahal pekerjaan Tuhan sangat banyak menanti. Itu namanya tidak berfungsi. Kadang kita merasa takut. Tapi saat Tuhan datang maka Tuhan akan berkata simpan terus. Tuhan percayakan kekayaan bukan untuk disimpan terus tapi untuk dikembangkan. Anak-anak adalah Generasi Yoel. Tapi tidak pernah diajak pelayanan, baca alkitab, tumpang tangan artinya tidak TOV/tidak berfungsi. Belajar tahu diri, Tuhan tidak butuh kita tapi kita yang harusnya butuh Tuhan. Seharusnya Tuhan tidak memberi ini itu karena kita sudah dibayar lunas. Jangan sedikitpun menuntut Tuhan. Kita punya uang, belajar tanya Tuhan fungsinya untuk apa. TOV artinya berfungsi, tepat seperti yang Tuhan mau. Tuhan akan cek dan ricek hari-hari ini. Setiap hari belajar tanya Tuhan supaya itu juga kebiasaan kita.

Sadar diri adalah fondasi siapa diri kita. Tanamkan dasar diri supaya mau dididik, dibentuk, diseret. Kalau kita masih boleh melayani itu anugerah, kehormatan, tanggung jawab. Jauhkan rasa malu kalau hanya ngak mood, soal pelayanan ngak enak sama teman sampai tidak mau menari dll. Lawatan Paulus harus masuk gua singa, dirajang batu, Paulus lewati semua. Bagaimana dengan kita? Cuma karena sakit hati kita undur. Kalau masih begitu seharusnya tidak usah berdiri jadi hamba Tuhan. Lihat Abraham mempersembahkan anaknya. Petrus harus mau salib terbalik. Maria pelayanan di tempat banyak tapi dia tetap berdiri dan berkata siapa aku; wanita bodoh yang Engkau pakai. Seorang HT dengan hadirat Tuhan buat orang rebah. Hanya berdiri dan orang-orang rebah. Sebanyak 10.000 orang selama 10 jam. Semua mendapat penglihatan dibawa ke sorga. Tidak ada musik, penyembahan, doa hanya dengan angkat tangan, semua dilawat. Mereka adalah orang-orang yang mengerti harga sebuah lawatan. Bagaimana dengan hati kita; bahkan uangpun tidak rela. Mereka jual rumah, ladang dan ditaruh di pelayanan. Mereka jalan kaki. Martin Luter tidur di kandang kuda 7th sampai akhirnya dia diangkat. Masihkah kita menuntut apa pun dari Tuhan?

Ulangan 5:29
Kiranya hati mereka selalu begitu, yakni takut akan Daku dan berpegang pada segala perintah-Ku, supaya baik keadaan mereka dan anak-anak mereka untuk selama-lamanya!


Seberapa TOV keberadaan kita adalah seberapa kita takut akan Tuhan dan melakukan tepat seperti yang Tuhan mau
TOV artinya kelimpahan, kesehatan, shallom, kita menerima semua yang the best. Ada syaratnya yaitu takut akan Tuhan dan melakukan tepat seperti yang Tuhan mau. Takut akan Tuhan adalah dalam hati. Kalau sikap takut akan Tuhan terus menjauhi Tuhan maka itu salah. Kenapa kita tidak diberkati, apa yang kurang? Yang kurang adalah kurang ajar. Tiap saat katakan aku takut menyakiti hati Tuhan. Kalau Tuhan tidak hadir maka habislah kita, langsung berlutut atau ambil banner. Engkau mau rendahkan, injak atau bunuh tidak masalah tapi jangan tinggalkan kami. Jangan pernah protes kenapa atau berkata jangan. Selalu ucapkan syukur.

Sedikit lagi cawan doa itu penuh dan lawatan terjadi. Tapi untuk memenuhi cawan doa dibutuhkan takut akan Tuhan dan melakukan tepat seperti yang Tuhan mau. Doa bukan sekedar dimulut. Sembayang pertama kali muncul saat Abraham mempersembahkan Ishak. Abrahan bahkan tidak menunda tapi pagi-pagi benar dia pergi. Dia suruh Ishak bawa kayu sendiri. Ishak adalah lambang Yesus bawa salib sendiri. Harga cawan itu penuh menyerahkan apa yang Tuhan minta. Memang sakit tapi hanya sementara. Tiap hari korban demi korban diletakkan. Takut akan Tuhan dan melakukan tepat seperti yang Tuhan mau maka cawan kehendak Bapa penuh

3. Tov = semuanya rukun diam bersama
Mazmur 133:1

Nyanyian ziarah Daud. Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun!

Tidak ada satupun yang duduk sebagai penonton tapi kita unity.

Tidak ada komentar: