Jumat, 14 Februari 2014

12 Pintu Gerbang

Sun Mor, Feb 2, 2014
Pdt. Petrus Hadi S



Nehemia 3:1-6
Pada waktu bangsa israel membangsun salah satunya pintu gerbang. Letak pintu gerbang aneh karena pertama jaraknya berbeda. Yang kedua cara memperbaiki aneh karena yang pertama pintu gerbang domba. Setelah pintu gerbang domba lebih mudah ke pintu gerbang mandat. Tapi mereka justru pergi ke pg ikan yang jaraknya lebih jauh.
Saat pergi ke israel sulit menemukan karena sulit sudah ribuan tahun yang lalu yang bangunannya sudah dibawah tanah, sudah berbentuk rumah, jalan dll. Yang ajaib saat pergi ke sana bertemu arkheolog yang juga sedang mencari 12 PG. Saat mencari PG Elyasip tertolong oleh kita yang ditunjuk Tuhan. Kita juga ditolong arkheolog.

Mengapa sampai Tuhan menyusuh imam besar untuk membangun dan mentabiskan. Inilah perjalanan orang kristen. Orang kristen yang sungguh2 yang pertama utama adalah masuk PG domba. Bukan jadi kristen karena keluarga tapi karena punya perjumpaan pribadi dengan Anak domba.

Disetiap kota terutama kota besar bisa ditemukan titik2 PG. Di Temanggung ada 1 desa yang tidak kristen, tapi beberapa tahun lalu 99% dibaptis. Ini perjumpaan anak domba.

Ketika bangsa israel kalah maka pintu-pintu tertutup. Kalau tidak pernah dgr suara Tuhan maka pintu kita tertutup. Olehnya pintu gerbang harus selalu terbuka. Kalau males baca alkitab ketemu Tuhan maka tidak bisa membuka yang lain. Makanya pintu gerbang yang pertama adalah PG domba.

Setelah pintu gerbang domba terbuka mereka dituntun ke PG ikan. Hal kedua setelah lahir baru percaya kepada Yesus. Ikan gambaran jiwa-jiwa. Orang kristen bertumbuh tidak cuma di gereja tapi mencari orang supaya terima Yesus. Hidup tidak hanya memikirkan diri sendiri tapi jiwa-jiwa. PG lama bicara tentang berkat. Pada waktu Tuhan Yesus ditagih untuk membayar pajak, Tuhan memerintahkan murid-murid untuk pergi mamancing. Buka mulut ikan yang pertama diperoleh. Mereka mendapatkan koin. Orang kristen kalau tidak melewati PG domba dan ikan maka tidak akan mengalami PG lama.

Kalau dapat berkat, Tuhan bawa ke PG menara perapian. Disinilah kita akan dibentuk. Diberkati tapi tidak mata duitan. Saat PHS mengunjungi LP, jarang ada orang kristen yang dipenjara karena membunuh. Mereka dipenjarakan karena mencuri, menggelapkan uang dan korupsi. Kelemahan orang kristen adalah uang. Segala sesuatu yang dikejar uang. Di menara perapian ini kita akan dibentuk. Mengapa tidak ada berkat? Karena tidak melewati pintu-pintu sebelumnya.

PG lebak atau lembah, kita diajari hineni. Menyadari kita jadi hamba bukan tuan. Sulit diberkati karena sulit jadi hamba. Tuhan beri waktu lama untuk sampai ke PG sampah. Paulus berkata segala sesuatu yang aku banggakan dulu, sekarang aku anggap sampah. Harta, kekayaan, kedudukan dll dianggap sebagai sampah. Di PG ini kita akan diberkati lebih karena tidak terikat oleh dunia.

Dari PG ini kita akan naik 1 level ke PG mata air yaitu perubahan konsumen menjadi produsen. Selama ini kita diberkati, sekarang waktunya jadi berkat. Kebanyakan suami istri bertengkar karena minta diperhatikan, selalu menuntut. Sekarang level kita dimiliki bukan memiliki. Kalau memiliki pasti menuntut ini itu. Dengan manusia saja menuntut apalagi dengan Tuhan. Sedangkan dimiliki maka kita berusaha menyenangkan. Kalau kita memikirkan jadi berkat maka kita akan diberkati.

PG Elyasib berbicara keintiman. Kalau tidak baca alkitab merasakan lapar, kalau belum ketemu Tuhan rasanya tidak enak. Naik ke level PG air. Mata air bicara jadi berkat sedangkan PG air berbicara pelipat gandaan. Bukan cuma masalah uang tapi juga multitast, multitalent. Hidup kita bisa dipakai Tuhan untuk apa saja.

Jarak PG air dan PG kuda jauh karena disini kita akan dididik. Kuda berbicara peperangan. Mau tidak mau harus perang. Jaman dahulu musuhnya adalah manusia tapi jaman sekarang musuh kita adalah roh-roh jahat. Setelah PG kuda masuk ke PG timur/golden gate. PG emas berbicara masa keemasan. Jadi orang kristen tidak mau perang jangan harap masuk masa keemasan. Dari ke 10PG semuanya sedang mengalami puncak. Semua senjata setan harus dilucuti untuk masuk gerbang emas. Perjalanan bahtera sedang masuk masa keemasan. PG mandat berbicara kedatangan Yesus ke-2x. hidup itu singkat.

Tidak ada komentar: