Rabu, 23 Juli 2014

Blue Print


Sun, Jul 13, 2014
Bp. Hengky - JKI


Roma 12:2

Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Kenapa alkitab ada beberapa versi? Karena bahasa Yunani adalah bahasa yang sangat kaya. Orang hidup lebih berjuang daripada orang mati. Tapi banyak orang berkata lebih baik mati daripada hidup. Banyak masalah lebih baik mati dan selesai. Mati bunuh diri masuk neraka dan itu menjadi beban bagi anaknya karena malu ditanya sama orang lain. Hidup harus dihadapi.

Hidup bagi Tuhan yang baik belum tentu berkenan. Serupa dalam bahasa Inggris adalah copy. Dalam bahasa inggris dikatakan jangan copy cara kerja orang dunia. Kalau dunia korupsi maka kita korupsi. Dunia selingkuh maka kita selingkuh. Itu yang tidak boleh kita contoh. Sebuah gedung hotel pasti ada blue print. Demikian hidup kita dari 0-14 th sudah ditanamkan nilai-nilai yang orang tua katakan. Waktu kecil sampai usia 14 ada cetakan di alam bawah sadar kita. Hidup kita kalau tidak berubah maka seperti anak itu. Kita harus dibersihkan dengan firman.

Kata berubah dari kata metamorfosa. Metamorfosa adalah proses berubah seperti ulat menjadi kupu-kupu. Kita harus berubah pelan tapi pasti. Proses itu butuh waktu, tempat, dikawal, didoakan. Blue print kita terlalu banyak olehnya butuh waktu untuk merubahnya. Senjata paling ampuh adalah alkitab. Percaya perkataan firman dapat mengubah hidup kita. Alkitab adalah the mother of sains, ibu dari pengetahuan. Di dalam alkitab juga terdapat kekuatan.

Setiap kali Tuhan biarkan kita berubah. Perkataan kita punya kuasa siapa suka menggemakannya akan makan buahnya. Apa yang kita perkatakan dan percaya itu yang terjadi. Blue print kalau tidak pernah dirubah dengan firman maka akan terjadilah sesuai blue print.

Orang yang dirubah luarnya, belum tentu dirubah dalamnya. Tapi orang yang dirubah dalamnya pasti luarnya juga berubah. Dunia hanya merubah luar. Kalau perhatian kita ke Tuhan maka Tuhan merubah yang di dalam kita. Tembok Yeriko runtuh dari dalam ke luar. Kalau kita mau berubah, rubahlah yang di dalam dulu baru luarnya. Kalau dari dalam manis maka perkataan kita pun manis. Tapi kalau dalamnya pahit maka perkataan kita pun akan marah-marah. Blue print secara tidak sadar tersimpan di otak bawah sadar. Survay mengatakan orang yang suka dengar dan memperkatakan negatif dari orang lain maka akan cepat meninggal.

Dunia akan menarik kita untuk downgrade tapi Tuhan menarik kita untuk upgrade. Ujungnya kalau kita ikut dunia maka kita tidak akan menjadi dewasa artinya kita tidak bisa dipercaya. Jangan salahkan Tuhan kalau tidak terima apa-apa. Tuhan mau berikan yang terbaik, ada syaratnya yaitu menjadi dewasa. Cara berfikir anak-anak berbeda dengan cara berfikir dewasa. Kekanak-kanakan tidak bisa terima sesuatu yang besar.

Amsal 23:7

Sebab seperti orang yang membuat perhitungan dalam dirinya sendiri demikianlah ia. "Silakan makan dan minum," katanya kepadamu, tetapi ia tidak tulus hati terhadapmu.


As you think in your heart so is he. Bagaimana orang memikirkan dirinya, demikianlah kamu jadi. Kalau kita berkata ya sudahlah gini maka terjadilah. Tapi kalau kita berfikir lebih dari cukup maka kita akan hidup lebih dari cukup. Punyailah tekad untuk berubah. Punyailah passion untuk sukses. Yakinkan diri kita bahwa kita jadi orang-orang sukses. Believe dan speak. Tentukan destiny kita.

Tidak ada komentar: