Senin, 07 Januari 2013

Kambing dan Domba

Mgg, 6 Jan 2013
Pdt. Petrus Hadi Santoso

Efesus 6:13

Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu.

Banyak kita baru memulai segala sesuatu. Yang seringkali kita tidak sadar yaitu setelah selesai perang atau apapun yang Tuhan tugaskan kepada kita. Kalau kita cuma siap-siap dalam peperangan dan kita tidak respon setelah menyelesaikannya, maka hal tersebut sangat bahaya. Tuhan mau supaya kita selesai segala sesuatu tetap berdiri dengan hati hineni.

1 Raja-raja 19:1-8
Kita lihat ada sesuatu yang tidak lazim. Nabi Elia mempertaruhkan nyawanya membunuh 850 nabi-nabi baal. Tetapi begitu menyelesaikan bagiannya dia tidak berdiri dengan hineni. Dilihat dari ada seorang bernama izebel. Delapan ratus lima puluh orang tidak takut sekarang berhadapan 1 orang takut. Tahun 2012 kita bekerja keras, diakhiri dengan acara FGTG di Holy Stadium. Yang menjadi tanda tanya apakah engkau bisa berdiri dengan hati hineni di tahun 2013? Hati-hati ketika angin besar kita bisa berjaga-jaga tetapi ketika angin sepoi-sepoi datang bisa buat kita jatuh. Firman berkata Elia ingin mati.

Mengapa Nabi Elia sampai ingin mati?
Ayat 3-4
Maka takutlah ia, lalu bangkit dan pergi menyelamatkan nyawanya; dan setelah sampai ke Bersyeba, yang termasuk wilayah Yehuda, ia meninggalkan bujangnya di sana.

Elia meninggalkan bujangnya. Apa yang Elia lakukan terlambat, Elia tidak berjaga-jaga. Disitulah titik-titik kritis yang dialami Elia. Seperti halnya dengan Yohanes Pembaptis. Dia bertahun tahun memuliakan Tuhan. Mengabarkan bahwa mesias datang membuka kasutnyapun tidak layak. Begitu Tuhan ijinkan dia masuk penjara, keadaan berubah. hari demi hari dia dengar Yesus membuat mujizat. Dititik tertentu dia kecewa kenapa Yesus tidak tolong saya? Bukankah aku yang membaptis Dia, tetapi sekarang Dia tidak turun tangan menolongku? Yohanes Pembaptis bertanya apa Dia Mesias. Tuhan kog tidak ingat saya ya?

Tahun 2013 jangan engkau merasa berjasa. Orang-orang yang merasa berjasa akan berusaha menuntut daripada Tuhan. Kejengkelan, marah, kecewa kalau tidak disadari dan segera dibeseri maka bayar harganya mahal. Berbahagia orang yang tidak kecewa dan menolak.

Ayat 9-10
Di sana masuklah ia ke dalam sebuah gua dan bermalam di situ. Maka firman TUHAN datang kepadanya, demikian: "Apakah kerjamu di sini, hai Elia?" Jawabnya: "Aku bekerja segiat-giatnya bagi TUHAN, Allah semesta alam, karena orang Israel meninggalkan perjanjian-Mu, meruntuhkan mezbah-mezbah-Mu dan membunuh nabi-nabi-Mu dengan pedang; hanya aku seorang dirilah yang masih hidup dan mereka ingin mencabut nyawaku."

Orang yang mulai kecewa. Mereka akan mengasingkan diri. Dengan kata lain Nabi Elia berkata: "Aku ini kurang apa Tuhan". Sudah aku bunuh semua nabi palsu, sekarang aku dalam ancaman, aku mau dibunuh kog Engkau tidak bela, Mana upahku"
Nabi Elia sudah tidak ingat lagi kalau semua karena anugerah Tuhan. Jangan sampai kita berkata: "Aku sudah giat buat melayani Engkau, kenapa engkau tidak perhitungkan pekerjaanku." Ketika itu keluar dari mulutmu berarti engkau mulai menentang Tuhan. Keluar perasaan berjasa karena itu titik kehancuran kita.

Ayat 11-13
Tuhan tidak tahan akan kelakuan Elia. Tuhan mau tunjukkan kepada Elia bahwa Tuhan masih berpengharapan. Elia sadar dirinya tidak bisa apa-apa. Semua karena anugerah Tuhan. Apa kerjamu disini, hai Elia. Seorang hamba yang taat seharusnya tidak layak untuk marah.

Ayat 15-16
Seharusnya Elia masih punya perjalanan panjang tetapi Tuhan gantikan dengan Elisa. Jangan engkau berkata aku kurang apa. Supaya jangan sampai Tuhan berkata engkau kurang ajar. Kalau Tuhan mau pakai kita itu suatu kehormatan. Banyak diluar orang yang lebih baik dari kita. Seharusnya engkau mengucap syukur karena Tuhan mau pakai. Kambing akan disingkirkan karena merasa berjasa. Sedangkan Domba, Tuhan berkenan karena dia tidak merasa berjasa.

Kis 5:41
Rasul-rasul itu meninggalkan sidang Mahkamah Agama dengan gembira, karena mereka telah dianggap layak menderita penghinaan oleh karena Nama Yesus.

Rasul-rasul dihina, dipukul, difitnah, tetapi alkitab mengatakan: meninggalkan dengan gembira. Mereka sudah memakai kantong baru dengan hati hineni. Apa yang engkau tabur tahun 2012 akan engkau tuai tahun 2013 asal engkau tetap kuat sehingga tidak digantikan orang lain. Jangan merasa berjasa melainkan milikilah hati seorang hamba.

Tidak ada komentar: