Jumat, 29 Januari 2016

Bangkit dan Menjadi Terang


Mgg, 3 Jan 2016
Pdt. Petrus Hadi S



Kisah Para Rasul 3:21
Orang sering berkata kapan Tuhan akan datang ke-2x nya? Tuhan menunggu yaitu pemulihan segala sesuatu. Apakah semua orang kristen? Tidak, sampai target tertentu sampai rumah Tuhan penuh. Pemulihan segala sesuatu yaitu roh, jiwa, tubuh. Sedangkan ekonomi adalah bonus. Semakin kita diberkati maka semakin kita "gila" akan Tuhan, bukannya kendor. Semua orang sukses kebanyakan dikucilkan, tidak diakui dunia. Begitu kita menangkap hati Tuhan maka kita akan diberkati. Pemulihan fisik yaitu kita tidak sakit-sakitan. Virus apapun tidak akan mempan kalau kita percaya. Uang itu bonus, yang pertama adalah Tuhan.
Dari jaman dahulu, nabi-nabi sudah menubuatkan akan pemulihan. Cepat atau lambatnya tergantung kita. puncak dari pemulihan adalah pengangkatan. Rencana Tuhan adalah damai sejahtera.

Yesaya 60:1-7
Yesaya adalah nabi besar dan nubuatan2nya jadi. 600-700 tahun yang lalu sudah dinubuatkan bahwa sion/gereja akan mengalami kemuliaan. 10 tahun yang lalu PHS diberi mimpi akan ayat ini. Yang pertama adalah kita harus bangkit. Kata dan kalimat pertama harus bangkit. Kalau kita tidak meresponi (bangkit) maka kita tidak akan bisa mengalami ayat-ayat berikutnya. Kebangkitan, penilaian Tuhan dengan manusia itu berbeda. Dalam kondisi kebangkitan bisa saja membuat kita merosot ekonominya tetapi roh naik. PHS disuruh Tuhan puasa 100 hari. Dalam ekonomi mengalami kemerosotan sampai dijual mobil dll. Berat 102kg turun sampai 70kg. Ketika lapar minum air putih sebanyak-banyaknya. Sampai puncaknya PHS menemui YC dan beliau berkata itu baik. Apa yang dipandang jelek oleh manusia belum tentu jelek dimata Tuhan. Apa yang dilakukan PHS baik dimata Tuhan.

Urutan pertama dalam menerima janji Tuhan supaya yang Yesaya katakan adalah "bangkit". Yang menjadi terang bukan kita tapi Tuhan. Kita seperti refrektor lampu. Kalau refrektor kotor maka tidak terang. Sekalipun lampu besar dan nyala terang tapi kalau refrektor kotor maka lampu tidak terang. Hidup kita itu seperti terang dan seperti magnet sehingga orang datang mengantarkan berkat.

Kalau kita tidak segera bangkit maka kita akan masuk dalam kegelapan. Kita sering mengalami mati lampu bergilir. Kita sering mempersiapkan lampu emergency. Mengapa kita harus persiapan siang-siang? Sebelum gelap dan kegelapan, itu sudah ada dalam terang. Sebelum kita masuk dalam kegelapan, maka kita harus bersinar.

Kalau hidup kita dalam roh maka kita bisa melihat bahwa berkat Tuhan datang. Kita semua pasti tahu akan laron. Laron selalu mengejar terang. Kalau kita menjadi terang maka berkat-berkat itu akan datang kepada kita. Anak-anak laki-laki artinya orang-orang yang ekonominya kuat. Anak perempuan adalah orang-orang miskin.

Mulai ayat 5 semua ada kata "akan" sedangkan dari ayat 1-4 tidak ada. Akan artinya belum tentu. Bagian kita bukan hanya merespon tetapi juga melakukan apa yang Tuhan perintahkan. Kita tidak kejar kekayaan, kita kejar Tuhan maka semua akan ditambahkan kepada kita. Tuhan berjanji kekayaan bangsa-bangsa akan datang kepada kita. Firman Tuhan itu selalu baru. Ini nubuatan sudah ratusan tahun yang lalu tetapi sedang digenapi hari-hari ini.

Unta jaman dahulu dipakai sebagai alat transportasi. Tuhan tidak beri mobil atau motor yang tua, tetapi Tuhan akan beri mobil/motor yang baru. Kalau rohani kita tidak meningkat maka jasmani tidak meningkat. Kalau rohani kita naik maka otomatis jasmani naik. Segala domba kedar nebayot akan berhimpun kepada kita. Mari angkat muka kita. Jangan pandang masalah dunia, tetapi pandang Tuhan.

Tidak ada komentar: