Senin, 11 Maret 2013

Push On

Minggu, 3 Mar 2013
Ev. Mikhael Iin Tjipto Wenas
 
Ada banyak hal kecil yang aneh terjadi dalam kehidupan saya akhir-akhir ini secara beruntun. Iblis tahu bahwa waktunya sangat singkat dan berusaha menggagalkan banyak hal untuk kita take off (terbang). Hari-hari ini jangan hanya JALAN dan BERLARI, tetapi ini waktunya buat kita TERBANG TINGGI dalam pelayanan, pekerjaan dan setiap hal secara ajaib. Setiap kita sudah punya tiketnya, tetapi iblis mencoba dengan berbagai cara untuk kita tidak terbang. Iblis tahu kalau kita punya kunci keberhasilan, terobosan, kemenangan, dan dia mencoba menyembunyikan semua itu.

Sebegitu sekatnya jarak kita dengan janji Tuhan, tetapi ada sebuah lapisan seperti tembok kuat terbuat dari stereofoam sehingga dalam pandangan kita merupakan jalan buntu. Bagian kita tinggal selangkah lagi untuk menerobos lapisan itu olehnya kita harus PUSH ON untuk melihat janji Tuhan digenapi.

Push On bisa kita kerjakan hari demi hari. Push On merupakan hal yang tidak mudah dilakukan, namun saat kita berjalan dalam ketepatan dengan kekuatan Tuhan, hal itu menghasilkan banyak hal ajaib.

Apakah Push On itu?


  • Menginginkan sesuatu yang mustahil. Menginginkan sesuatu yang besar yang dituruh Tuhan di hati. Kejadian 25:31-34 Yakub tahu bahwa hak kesulungan itu milik Esau dan sangat mustahil untik dia miliki. Tetapi karena Yakub sangat menginginkannya, diakhir kisahnya hak kesulungan itu menjadi milik Yakub.
  • Menangkap kesempatan. Yakub menangkap kesempatan pada waktu kacang merah itu ditawarkan. Hasil akhirnya Yakub menangkap kesempatan. Banyak orang membiarkan kesempatan itu berlalu karena ketidakmengertian kita akan destiny besar yang Tuhan beri. Butuh push on untuk menangkapkesempatan. Terus berjuang sampai kita dapatkan harta karun tersebut.
  • Cara berfikir untuk membeli bukan meminta. Level raja-raja dalam kitab wahyu adalah membeli baju putih, minyak dan emas. Banyak orang tidak mau membeli tapi terus minta gratisan (mental gratisan). Mental seperti inilah yang membuat kita terus berada dibawah. saat kita menghargaiakan sesuatu yang Tuhan sediakan inilah benruk respon push on.
  • Push On berarti juga detail. pada saat Tuhan berfirman kita akan menjadi pemimpin yang besar, tidak cukup kita hanya berkata amin, tetapi juga harus mengerti dan mengkaji serta melakukan dengan detail.
  • Jangan menganggap ringan segala sesuatu. Jangan berlaku bodoh seperti Esau. Segala sesuatu yang ada disekitar kita merupakan hal yang besar. Jangan menjadikan sesuatu yang sia-sia dengan menganggap ringan perkara tersebut, apalagi melakukan segala sesuatu dengan sekedarnya. Jangan anggap ringan tindakan profetik karena akan mengubah hidup kita menjadi berbeda.
  • Bekerja dengan kuat. Kejadian 28:18-28 ini saatnya kita bekerja dengan efektif dengan mengatur pekerjaan kita hari demi hari. Jangan salahkan Tuhan kalau kita tidak diberkati karena kita tidak mengecek setiap pekerjaan sampai kebawah dengan detail.mari kita tingkatkan cara kerja, bobot dan efektifitas dalam bekerja. Hitung dengan benar setiap waktu kita. bekerja dengan passion menghasilkan sesuatu yang jauh lebih besar. Dalam hidup Yakub, dia ditipu beberapa kali, tetapi katena passion Yakub mau push on sehingga dia menjadi sangat diberkati.
Beberapa dari kita pernah mengalami berada pada titik tidak ada kekuatan. Kita bisa saja tidak melakukan karena tidak ada kekuatan untuk melangkah guna push on. Tetapi ada juga orang yang mau memaksa untuk push on. Wanita yang 12 tahun pendarahan (Mat 9:20-26), dia memaksa untuk push on sekalipun dengan kekuatan yang terakhir. Jangan pernah berhenti berjuang, jangan pernah berhenti beriman, jangan pernah berhenti berperang, karena akan membuat beban kita semakin berat.
  1. Push On berarti berteriak kepada Tuhan. Wanita 12 tahun pendarahan terus berkata: "asal kujamah saja jumbai jubah-Nya, aku pasti sembuh." hanya itulah kekuatan terakhir yang dia miliki untuk terus berkata-kata membangkitkan imannya. Tuhan punya segudang cara untuk menolong setiap kita dan menyatakan keajaiban-Nya.
  2. Push On berarti merubah setiap kata negatif ke positif karena itu bisa membangkitkan iman. Jangan biarkan ketakutan dan kelemahan terus ada dalam hidup kita. Counter setiap keadaan dengan kata-kata yang membangkitkan iman. terkadang kita harus meninggalkan kebiasaan bahkan orang-orang sekeliling yang bisa memberi pengaruh negatif untuk mencapai destiny yang Tuhan tetapkan. Butuh keberanian untuk memilih situasi dan lingkungan yang benar dihadapan Tuhan.
  3. Push On berarti mencari jalan dan tidak pernah berhenti. Orang lumpuh bisa push on untuk meminta pertolongan dari teman-temannya. Banyak anak Tuhan yang pasif dan cukup kerendahan hati untuk minta pertolongan orang lain. Kita butuh orang lain sampai kekuatan itu berlipatkali ganda. banyak dari kita tidak mengalami breaktrough karena jalan atau berlari seorang diri dan tidak dalam unity yang kuat. Mari satukan kekuatan melihat hal besar terjadi di tengah kita.

Markus 2
3 ada orang-orang datang membawa kepada-Nya seorang lumpuh, digotong oleh empat orang.
4 Tetapi mereka tidak dapat membawanya kepada-Nya karena orang banyak itu, lalu mereka membuka atap yang di atas-Nya; sesudah terbuka mereka menurunkan tilam, tempat orang lumpuh itu terbaring.
5 Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: "Hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni!"

Biar Tuhan berikan kekuatan untuk kita bisa push on. Orang yang berani push on akan menemukan harta itu.

Tidak ada komentar: