Sabtu, 21 September 2013

Yom Kippur 5774

Sab, 14 Sep 2013
Pdt. Petrus Agung Purnomo


Yakobus 4:12
God is in charge of deciding human destiny. Who do you think you are to meddle in the destiny of others? (The Message)


Tuhan yang kendalikan destiny manusia. Tuhan yang putuskan destiny manusia. Kita pikir kita siapa sehingga sering kita menentukan destiny orang lain. Kita sering mengadili dan menghakimi destiny orang lain. Padahal sesungguhnya yang menentukan adalah Tuhan.

Pengkotbah 6:10
Whatever happens, happens. Its destiny is fixed. You can't argue with fate. (The Message)


Alkitab perjanjian lama berkata kalau Tuhan yang menetapkan terjadi maka sudah tidak bisa dirubah. Kita tidak bisa berargumentasi. Tetapi Alkitab Perjanjian baru berkata mintalah maka akan Tuhan berikan kepada kita. Sampaikan kerinduan hati kita. Tulis dalam kertas, dan kita akan doa minta kepada Tuhan.Kita akan memasuki Yom Kippur yang luar biasa.

Pengkotbah 9:11
I took another walk around the neighborhood and realized that on this earth as it is--The race is not always to the swift, Nor the battle to the strong, Nor satisfaction to the wise, Nor riches to the smart, Nor grace to the learned. Sooner or later bad luck hits us all. (The Message)


Penentunya adalah waktu dan nasib. Akhirnya semua ditentukan oleh penetapan Tuhan. Di Eropa krisis luar biasa (Yunani bangkrut, Italy mengalami goncanagan mengerikan, Spanyol juga, hampir semua negera eropa mengalaminya, tetapi negara dengan ekonomi yang paling kuat saat ini Jerman dan bisa mendikte negara lain).
Ada Fakta dibalik keberhasilan mereka, Data mengatakan : sejak 1999 ada presiden, Joachim gauck, menetapkan setiap acara kenegaraan dinyanyikan lagu berjudul "Yesus tetap menjadi sukacitaku"Di tengah orang berpikir, Jerman sebagai negara intelek, tetapi dibelakangnya tetap ada Yesus. Presiden Jerman sekarang adalah Pendeta. dan dia termasuk orang termasuk promotor gerakan doa 24 jam selama 1 minggu pada tahun 1989, di Jerman Timur, hasil doa nya adalah Tembok Berlin runtuh. Jangan dipikir itu karena kekuatan manusia tapi karena penetapan Tuhan. Angela markelin berkata yang membuat Jerman berbeda adalah kekristenan. Walaupun sekarang sudah mulai menurun kekristenan-nya.

Ketika lahir Tuhan punya penetapan. Di depan kita ada rencana dari Tuhan. Tuhan punya rencana yang besar buat setiap orang, dan ujungnya adalah kemuliaan yang luar biasa. Kita punya free will. Semua orang pernah membuat keputusan. Kita membuat jalan sendiri. Ini berbahaya kalau tidak menyadarinya. Jika terus masuk jalan yang salah, kita akan makin jauh, disitu ada persimpangan lagi, dan anda berkata tidak lah saya mau ke kiri/ke kanan ujungnya berhenti, death end dan gelap.Meminta Tuhan untuk membuat penetapan Tuhan untuk kita kembali dijalur yang Tuhan rancangkan.

Meminta Tuhan membuat penetapan untuk jalur supaya kita tidak salah lagi. Kehendak bebas kita tundukkan pada kehendak Kristus. Kita bisa tahu kita keliru kalau kita sudah jalan. Kalau kita belum sadar akan selalu jalan terus. Ketika dapat kepahitan selalu diberikan 2 pilihan mau berbalik ke Tuhan apa maju dan murtad. Tuhan panjang sabar tapi kesabarannya tidak kekal.

Ketika kita memutuskan murtad, maka kita akan berhenti bahkan mati. Segalanya akan kita nikmati kalau kita di pihak Tuhan. Sebagian karena Tuhan beri kesempatan, sebagian karena kekerasan hati. Minta hati balikkan ke jalan Tuhan yang sempurna. Berhenti dari jalan kita yang kacau. Perkenan Tuhan itu segala-galanya

Pengkotbah 2:26
Karena kepada orang yang dikenan-Nya Ia mengaruniakan hikmat, pengetahuan dan kesukaan, tetapi orang berdosa ditugaskan-Nya untuk menghimpun dan menimbun sesuatu yang kemudian harus diberikannya kepada orang yang dikenan Allah. Inipun kesia-siaan dan usaha menjaring angin.


Hikmat, pengetahuan dan sukacita.
Hikmat : keterampilan dalam berperang, administrasi dan etika. Selalu ada perang, ada orang pintar perang tapi adm kacau bahkan etika akan baik tapi perangnya kurang.
Sukacita: ada 9 kata ibrani yang menunjuk pada sukacita. Salah satu artinya adalah Sukacita oleh karena kita sukses. Kekayaan datang dulu baru kita sukacita / sukacita dulu baru kekayaan ? Sukacita dulu! Semua yang diminta diroh maka akan menarik sejenis. Dalam diri kita kegilaan maka orang gila yang datang. Dalam diri kita omel maka ketemu orang-orang yang omel. PAP di airport, ada Ruang yang paling berbahaya adalah smoking room, ketika kumpul yang disitu adalah sejenis, ruang yang bunuh membunuh. yang di buang akan sedot orang, yang dibuang orang disedot anda (nikotin) semua yang dalam ruang itu.

The Joy of the LORD is my strength. Kekuatan akan naik kalau kita berkata bersyukur. Kita makan sukacita orang lain tidak tertarik gpp. Kalau kita iri menarik hal seperti itu. Apakah kita bisa bersukacita dan berhasil? Tuhan sudah menetapkan kita berhasil.

Ketika kenaikan kelas, guru akan membawa tumpukan rapor dan biasanya datang dibuat sedih. Wali kelas akan membuat muridnya alim. Kemudian berkata: "anak-anak dengan sangat menyesal dan berat hati ibu terpaksa merelakan kalian semua harus pergi dari kelas ini. Kalian tidak ketemu ibu lagi dikelas ini". Anak yang pinter berkata 'Yes', tetapi yang bodoh berkata 'apa sih artinya? koq kita diusir keluar?' Sikap dikelas tidak merubah nasib tapi kalau dengan Tuhan nasibnya akan berbeda. Kalau hari ini Tuhan tetapkan destiny-mu. Seharusnya kita berkata 'Yes..' karena anda percaya itu akan terjadi dan karena Tuhan sudah menetapkan.

Pada saat Bung Karno proklamasikan kemerdekaan, jepang menyerahkan senjata dan pulang. Ada penjara jepang terisolir , tentara tidak mendengar apa-apa. pejuang indonesia memperdengarkan radio bahwa jepang menyerah, tahulah mereka bahwa indonesia sudah merdeka. Tentara indonesia di dalam sel tetap berteriak yes..merdeka..merdeka' karena ini hanya soal waktu saja. Orang jepang bengong.

Jika kita tahu setiap hari hidup kita penuh dengan confidence dan iman, tiap hari kita akan berkata: hari ini aku diberkati Tuhan, hari yang luar biasa dalam hidupku, breakhthrough. Ingat yang di dalammu akan menarik yang sejenis. Kerjakan semua dengan sukacita. Rasul Paulus di Perjanjian Baru berkata bersukacitalah senantiasa. Disuruh sukacita koq susah? Bersukacita sarana Tuhan menurunkan anugerah. so..be happy, don't worry.Tulis kerinduan hatimu, siapkan persembahan. Setelah itu makan roti.

Tidak ada komentar: