Selasa, 10 September 2013

ROSH HASHANAH 5774

oleh: Elisheva Wiriaatmadja

Tahun Ibrani yang akan datang yaitu 5774 dimulai pada bulan September 2013 dan berakhir tahun berikutnya September 2014. Tahun "74" ditulis dengan huruf Ibrani ayin dan dalet yang bentuknya seperti ini . Huruf ayin (kanan) merupakan gambar sebuah mata. Huruf dalet (kiri) merupakan gambar sebuah pintu.

Saya dapat membayangkan bahwa para pengikut teologi kemakmuran akan menginterpretasi tahun ini sebagai tahun dimana "pintu-pintu dan gerbang-gerbang akan terbuka". Dan memang akan seperti itu... bagi orang-orang tertentu.

Namun jauh lebih dalam lagi, sebenarnya huruf dalet juga merupakan sebuah gambar seseorang yang membungkuk sampai 90 derajat. Ini merupakan lambang dari pengosongan diri. Tahun depan merupakan tahun dimana mata TUHAN tertuju pada orang-orang yang merendahkan dirinya dan mengosongkan dirinya. Eliminasi akan diberlakukan terhadap mereka yang tidak dapat melakukan hal ini. Tetapi mereka yang dengan rendah hati mau mengosongkan dirinya akan melihat pintu-pintu dan gerbang-gerbang terbuka bagi mereka.

Namun ayin-dalet juga mengandung sebuah rahasia yang lain. Di dalam Mar 12:28-29, Yeshua menjawab pertanyaan seorang rabbi. Rabbi itu bertanya, dari semua 613 hukum Taurat, hukum apa yang paling pertama?
Yeshua menjawab:

SHEMA ISRAEL YHVH ELOHEINU, YHVH ECHAD!
Dengarlah hai Israel, YHVH adalah TUHAN-mu,
YHVH adalah Satu!

Di atas kalimat ini seluruh hukum Taurat ditegakkan. Dan kalimat ini juga merupakan kalimat syahadat orang Yahudi, yang (seharusnya) mengikuti Jalan TUHAN (derekh YHVH = Torah - baca ebook vol. 5). Orang yang berani mendeklarasikan kalimat di atas mensekutukan dirinya dengan YHVH Elohim dan menyatakan bersedia mengikuti JalanNya (derekh YHVH) dan tunduk pada seluruh hukumNya, yaitu hukum Taurat - secara total.

Sekarang perhatikan sekali lagi kalimat Ibrani di atas.

Di dalam gulungan Torah (Taurat) berbahasa Ibrani ada dua huruf di dalam kalimat ini yang ditulis dengan ukuran yang berbeda. Yaitu (ayin) dan (dalet). Kedua huruf ini dibuat besar karena mengandung sebuah arti yang penting. Apabila kedua huruf ini digabung dan ditulis seperti ini , kedua huruf ini membentuk sebuah kata yang dibaca "ed". Artinya "saksi". Mereka yang mendeklarasikan hukum yang terutama yang Yeshua sebutkan menjadi saksi yang sah dari YHVH yang Esa/ Satu. Saksi-saksi tersebut adalah mereka yang bukan hanya MENGKLAIM dengan kosong, tetapi hidup tunduk mengikuti Jalan TUHAN (derekh YHVH = Torah, baca ebook vol. 5). TUHAN yang mereka taati inilah yang mereka saksikan.

Kalimat ini diambil dari Ul 6. Sesudah mendeklarasikan SHEMA, Yeshua mengutip dua ayat dari banyak ayat yang selalu dideklarasikan oleh semua orang Yahudi ketika berdoa tiga kali sehari. Dua ayat ini berisi perintah untuk mengasihi TUHAN dan sesama. Di atas ketiga kalimat ini, seluruh hukum Taurat berdiri. Apa artinya? Seluruh Hukum Taurat merupakan penjelasan terperinci untuk cara mengasihi TUHAN dan sesama DENGAN STANDARD TUHAN.

Tahun "ayin-dalet" atau adalah tahun dimana TUHAN akan bangkitkan lebih banyak lagi saksi-saksi seperti ini. Menembus tembok gereja, doktrin gereja, geografi, ruang dan waktu, TUHAN akan bergerak membangkitkan mereka yang mengerti hatiNya dan tunduk pada hukumNya. Bukan demi keselamatan, karena keselamatan hanya diberikan karena anugerah. Tetapi demi berjalan SEDERAP dan SEHATI dengan Dia. Bukan demi mendapatkan berkat, tetapi demi menyediakan ruang dan waktu bagi kehadiran kekudusanNya. Mereka ini menjadi saksi-saksi perkasa yang dengan sepenuh hati dan cinta berjuang menepati 613 perintah TUHAN dan dengan lantang berteriak mengguncang alam semesta, "SHEMA ISRAEL! YHVH ELOHEINU, YHVH ECHAD!"

Bagi saksi-saksi Jalan TUHAN inilah, pintu-pintu akan dibukakan dengan cara yang menakjubkan dan tidak dapat dimengerti. TUHAN akan membawa mereka naik semakin tinggi dan semakin berpengaruh... bukan demi berkat dan pengaruh itu sendiri. Tetapi supaya kesaksian dan teriakan SHEMA mereka menggelegar lebih keras di tengah-tengah dunia ini. Ketika mereka belajar mentaati Torah perlahan-lahan, dan menunjukkan Jalan TUHAN ini kepada orang lain, sedikit demi sedikit, mereka akan naik melebihi apa yang pernah dipikirkan oleh gereja sekudus apapun.

Bukankah Yeshua sendiri mengatakan,
"...siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga." (Mat 5:19)

Tahun 5774 adalah tahun ayin-dalet atau (baca: ed) yang berarti "saksi". Tahun "ed" adalah tahunnya para "saksi". Mulai tahun ini, para saksi YHVH akan mulai mendaki menuju posisi mereka masing-masing di ketinggian jabatan dalam Kerajaan Surga.

L'Shana Tova 5774!

(Selamat tahun baru 5774!)

Tidak ada komentar: