Selasa, 20 Agustus 2013

Harga Sebuah Jubah

Jubah pemulihan dosa
"Maka Tuhan Allah membuat pakaian dari kulit binatang untuk adam dan istrinya, lalu mengenakan-Nya pada mereka." Kejadian 3:21

Pada saat Tuhan menciptakan manusia pertama kali, Tuhan tidak pernah merancangkan manuasi jatuh ke dalam dosa, manusia diiciptakan untuk menaklukan bumi dan berkuasa atas seluruh ciptaan yang lain. Pada saat itu Tuhan melihat bahwa semuanya baik sehingga tidak diperlukan apapun untuk menutupi manusia. Dan manusia itupun tidak merasa malu. Tapi disaat manusia itu melakukan dosa terhadap Allah maka terbukalah mata manusia itu dan mereka sadar bahwa mereka telanjang. Mereka sadar bahwa mereka sudah tidak baik lagi dimata Tuhan, maka manusia itu menjadi malu dan mencoba mengambil sesuatu untuk menutupi tubuhnya.

Namun itu tidak pernah berhasil, manusia itu mencoba untuk menutupi dirinya sendiri oleh sesuatu yang dibuat oleh manusia namun itu gagal, disaat Tuhan datang mereka tetap bersembunyi karena rasa malu mereka. Dan hanya disaat Tuhan sendiri yg memberi jubah kepada manusia itu maka manusia itu dapat melanjutkan pekerjaannya.

Jubah pertama yang Tuhan berikan itu adalah jubah untuk menutupi segala kemaluan dan kesalahan kita, Sehingga kita yang telanjang, yg sudah tidak baik lagi dihadapan Tuhan bahkan yg sesungguhnyatidak layak lagi bertemu Tuhan, dipulihkan kembali.

Tuhan tidak rela melihat seorang yang sangat Dia kasihi, seorang yang mempunyai tugas dan panggilan untuk menjadi penakluk dan penguasa bumi menjadi malu dan mati karena dosa. Namun ada harga untuk sebuah jubah yang sanggup menutupi kesalahan akibat dosa dan harga dari jubah itu tidaklah murah. harga dari jubah itu adalah korban dari sesuatu yang hidup, yang rela untuk menggantikan manusia dari akibat dosa yang seharusnya adalah mati.

Dikatakan di Kejadian 32:1 bahwa Tuhan sendiri yang turun untuk mengambil kulit binatang dan menjadikan itu sebagai jubah yang bisa menutupi rasa malu kita karena dosa, dan artinya Tuhan mengorbankan seekor binatang untuk menjadi menutupi kesalahan akibat dosa manusia.

Dan ternyata itupun tidak pernah berkuasa untuk mengampuni dosa manusia, Pengorbanan itu hanya dipakai untuk menutupi manusia, sehingga tidak ada yang dapat menuntut manusia itu untuk mati.

Dan Tuhan sangat berharap manusia bisa tetap memenuhi panggilan dan tugas yang Tuhan beri.

Kita tahu pada akhirnya hanya Tuhan yg mampu dan mempunyai kuasa untuk mengampuni dosa.sehingga manusia yang percaya kepada-Nya mendapat hidup kekal selamanya. Bahkan Tuhan Allah menyerahkan anak-Nya yang tunggal untuk menjadi korban yang hidup sebagai pengganti semua dosa umat manusia, dan untuk mengalahkan maut.

Tanpa jubah yang pertama ini seharusnya manusia sudah mati dan binasa akibat dosa. Jubah itulah yang pertama kali dibuat Tuhan untuk manusia.

Jubah perkenanan
"Israel lebih mengasihi Yusuf dari semua anak-anaknya yg lain, sebab Yusuf itulah anaknya yang lahir pada masa tuanya; dan ia menyuruh membuat jubah yang maha indah bagi dia." Kejadian 37:3

Pada awalnya Yusuf menerima jubah yang maha indah itu secara cuma-cuma. hanya karena Yusuf lahir dimasa tua ayahnya. Ayahnya menjadi sangat mengasihi Yusuf dan memeberikan jubah kepada Yusuf.

Ini merupakan jubah perkenanan Tuhan. Memang ada beberapa orang yang secara cuma-cuma menjadi kesayangan Tuhan, mungkin disebabkan karena dilahirkan dikeluarga yang cinta Tuhan, mengejar Tuhan sungguh-sungguh. Sehingga begitu dilahirkan orang-orang tersebut menjadi spesial dimata Tuhan, dan mendapat perkenan. Tapi itu tidak pernah menjamin apapun, bahkan banyak anak raja yang pada akhirnya menjadi begitu mengerikan dan bahkan mati ditangan lawan.

Setiap orang mempunyai jatah pribadi lepas pribadi, dan setiap jatah ada harga yang haarus dibayar. Percayalah Tuhan adalah Tuhan yang sangat adil, dan semua itu ditentukan bagaimana respon hati kita. Jika Tuhan sudah memilih kita maka Tuhan punyarencana yang khusus buat kita, maka Tuhan harus menyiapkan kita dan mendidik kita lebih dari yang lain.

Pada saat kita menerima hal yang kurang enak sebetulnya itu adalah ujian apakah kita benar-benar layak menerima jubah perkenanan atau tidak. jubah perkenanan adalah jubah yang sangat luar biasa, namun tetap ada harga yg harus dibnayar untuk jubah itu.

Tidak ada komentar: