Jumat, 03 Juli 2015

Keberkatan


Sun, Mar 8, 2015
Bp. Yosep


3 Yohanes 1:1-4
Dari penatua kepada Gayus yang kekasih, yang kukasihi dalam kebenaran. Saudaraku yang kekasih, aku berdoa, semoga engkau baik-baik dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik saja. Sebab aku sangat bersukacita, ketika beberapa saudara datang dan memberi kesaksian tentang hidupmu dalam kebenaran, sebab memang engkau hidup dalam kebenaran. Bagiku tidak ada sukacita yang lebih besar dari pada mendengar, bahwa anak-anakku hidup dalam kebenaran.
Doa rasul Yohanes kepada Gayus. Dalam bahasa aslinya dikatakan: "Saudaraku yang kekasih, aku berdoa, semoga engkau keberkatan dalam segala sesuatu dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu keberkatan saja." Pemimpin kita juga pasti berdoa seperti halnya yang Yohanes katakan. Manusia terdiri dari 2 bagian yaitu rohani dan jasmani. Ada orang yang jiwanya tidak keberkatan, olehnya rasul Yohanes berdoa untuk kita. Jiwa yang tidak keberkatan artinya dalam rohaninya jiwa kering. Di luar negeri ada seorang pelawak. Setiap apa yang dikerjakan dan di perkatakan selalu membuat tertawa. Kemudian dia datang kepada seorang psikolog. Dia menyampaikan keluh kesahnya. Psikolognya berkata datang saja ke alun-alun ada pertunjukan badut. Ternyata yang menjadi badut adalah dirinya sendiri. Ini membuktikan bahwa jiwanya merana. Tipe ke2 ada orang yang tidak bisa menjalani tekanan. Banyak orang stress di jalan-jalan. Orang-orang yang stress tindakan pelariannya bisa ribut dengan keluarga, tatto, alkihol. Di jepang ada komik manga yang berisi tentang perjinahan. Di komik itu banyak menuntun kepada bunuh diri terutama anak-anak.
Olehnya rasul Yohanes berdoa supaya kita keberkatan. Banyak orang yang tidak terima berkat. Bagaimana supaya kita keberkatan
1. Jadikan Tuhan gembala yang baik (Mazmur 23)
Apakah kita pernah merasakan depresi dll? Masuk dalam doa. Ingat kita punya Gembala yang baik. Jiwa yang segar adalah jiwa yang tidak loyo. Filipi 4:4. Sepanjang tahun 2015 harus kita jalani dengan sukacita. Nehemia 8:11b. Sukacita adalah tembok benteng perlindungan. Saat sukacita hilang maka tembok perlindungan kita juga hilang. Hari-hari ini isi hidup kita dengan sukacita. Bersukacitalah dengan sukacita. Saat kita berkata bosan maka kita sudah membuat jarak sehingga berkat itu tidak akan turun. Saat tembok kita tidak utuh maka berkat kita juga tidak utuh. Tembok perlindungan artinya perlindungan kita secara utuh. Ayub pada saat bertanya kepada setan, setan berkata seandainya pagar tembok itu diangkat.dst. Ayub bisa sampai jatuh. Ingat setan adalah seperti singa yang mengaung. Dia tidak bisa menerkam karena masih ada tembok. Kalau tembok rusak maka setan menerkam. Setiap hari selalu kenakan selengkap senjata Allah. Sering kenapa blessing dari pemimpin tidak turun karena kita yang jaga jarak. Jangan pernah sukacita itu bergeser dari hidup kita. Sebab sukacita yang dari Tuhan adalah sukacita.
Yohanes 15:7
Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.
Kita tidak bisa tinggal dalam Tuhan hanya dengan baca Firman saja atau intim saja tapi harus kedua-duanya. Dalam dunia apapun, firman tidak boleh kita lupakan. Alkitab adalah buku petunjuk dalam hidup kita. Tapi pada saat firman itu kita baca berulang-ulang maka Tuhan berkata mintalah. Adakah saat ini jiwa kita sedang dalam sejahtera atau kering. Hari ini Tuhan berikan air untuk jiwa kita.
Mazmur 144:11-15
Rasul Yohanes mengerti persis bahwa berkat jasmanipun harus ada. Demikian juga yang dikerjakan oleh raja Daud. Bukan suatu yang dilarang kalau kita memperbincangkan tentang berkat. Doa Bapa Kami juga memperkatakan minta berkat. Ini tahun Yobel besar, di tahun ini kita mengalami pelipatgandaan. Iman kepada Tuhan bukan karena perasaan tapi percaya kepada janji-janji Tuhan.
kalau kita sudah berusaha usaha dan usaha tapi selalu gagal maka jangan-jangan kita kena kutuk. Hari-hari ini kita sedang banyak membahas tentang pematahan kutuk. Hari-hari ini kita harus mengkoreksi diri. Kita buat pemetaan diri. Pemutusan kutuk harus kita lakukan karena kutuk adalah penghambat berkat Tuhan turun. Ini waktu yang sangat singkat, dari sisi Tuhan sudah mau memberi berkatnya. Dari sisi kita harus beresi hidup kita. Dari setiap kutuk harus segera diberesi. Pak YC selalu berkata "paksakan aku" artinya kita harus melangkah. Contoh ketika kita mau baca alkitab dan ngantuk minta kepada Tuhan supaya Tuhan paksa kita tetap baca alkitab.
Keberkatan jasmani harus berhibungan dengan keberkatan rohani. Olehnya harus ada doa dan usaha. Menteri pendidikan Indonesia menetapkan doa diawal dan di akhir pelajaran. Di amerika dahulu sudah ditetapkan seperti itu. Amerika bisa maju pesat. Tapi sekarang doa sudah dilarang. Dalam waktu 10tahun amerika jatuh. Bahkan sekarang homo dan lesbi sudah diijinkan dan doa sudah dilarang. Bersyukurlah kita hidup di Indonesia. Tuhan masih berikan waktu untuk kita berdoa.
Jadilah orang percaya yang menerima berkat double portion

Tidak ada komentar: