Sabtu, 03 Mei 2014

Gereja yang berfungsi

Sun, Apr 20, 2014
Pdt. Petrus Hadi Santoso

Kejadian 1:26

Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."


Allah punya tujuan/goal saat menciptakan manusia, yaitu supaya berkuasa atas segala ciptaan Allah. Alam semesta yang indah, segala macam binatang dan tumbuh-tumbuhan semua itu diciptakan hanya dengan berfirman "jadilah". Berbeda saat hendak menciptakan manusia, Mereka (Allah Bapa, putra dan Roh Kudus), Bapa berkata: "marilah Kita menciptakan manusia seperti gambar dan rupa Kita". Yang dimaksud dengan gambar adalah bahwa manusia adalah satu-satunya ciptaan Tuhan yang punya roh, jiwa, tubuh. Berbeda dengan binatang yang hanya mempunyai tubuh dan jiwa, sedangkan tumbuhan hanya memiliki tubuh. Serupa artinya seperti gambaran suami, istri dan anak maka seperti yang tertulis dalam alkitab bahwa 2-3 orang di sunia sepakat minta apa saja maka akan dikabulkan. Jadi Bapa adalah gambaran bapa. Anak adalah gambaran anak dan Roh Kudus adalah gambaran ibu. Itulah sebabnya banyak keluarga dihancurkan setan supaya tidak bisa menggenapu rupa dan gambar Allah.

Tujuan Allah supaya manusia berkuasa atas seluruh bumi belum tergenapi karena Adam dan Hawa jatuh dalam dosa. Sejak itu dunia ada dalam kuasa si jahat. Tapi ada Adam kedua yaitu Yesus. Melalui pengorbanan di atas kayu salib, kita diciptakan baru melalui darah Yesus. Sehingga hirarki manusia yang tadinya di bawah malaikat dinaikkan jadi diantara Allah dan malaikat. Orang kristen yang mengerti kedudukannya di hadapan Tuhan, hidup kita tidak akan sembrono.


 
 
Matius 16:18-19

Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga."


Jaminan Tuhan diberikan kepada gereja yang berfungsi sebagai wakil Tuhan, yaitu bahwa alam maut tidak akan menguasai. Alam maut juga berbicara tentang berbagai masalah yang kita hadapi. Gereja bukan soal gedung tapi gereja yang bergerak merebut kembali dunia menjadi milik Tuhan. Gereja harus bermanfaat minimal buat kota, meningkat untuk bangsa dan meningkat lagi untuk dunia.

Tugas gereja:
1. Mengikat: berbicara tentang doa perang, mengikat kekuatan lawan
2. Melepas: berbicara tentang penginjilan.
Dua hal diatas saling berkaitan karena kita tidak bisa melakukan penginjilan jika penguasanya tidak kita ikat dahulu. Ikat penguasanya, lepaskan orangnya.

Matius 10:1

Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan.

Kuasa yang Tuhan berikan buat gereja:
1. Mengusir setan
Sebelum melakukan untuk orang lain, lakukan untuk diri sendiri. Usir roh jahat yang masih menguasai hidup kita.
2. Melenyapkan penyakit
Buat Tuhan tidak ada bedanya antara penyakit ringan maupun berat. Penyakit datangnya bukan dari Tuhan
3. Melenyapkan kelemahan
Jangan biarkan kelemahan ada dalam hidup kita. Kita punya kuasa untuk melenyapkan kelemahan.

1 Korintus 6:3-11

Tuhan ingin menyadarkan orang Korintus supaya mengerti bahwa kedudukan mereka lebih tinggi daripada malaikat dan akan menghakimi setan. Supaya mereka tidak hanya mengurus perkara sepele.


Lukas 10:19

Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu.


Jika gereja diam, setan akan bergerak lebih cepat sebelum waktunya. Artinya bencana akan lebih besar dan lebih cepat terjadi dari semestinya. Padahal Tuhan berjanji bahwa sebelum Tuhan datang, harus terjadi pemulihan dalam segala sesuatu (Kis 3:21). Gereja harus bertindak karena Tuhan sudah memberi kuasa yang luar biasa.

1 Tesalonika 5:23-24

Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita. Ia yang memanggil kamu adalah setia, Ia juga akan menggenapinya.


Tuhan merencanakan umat-Nya mengalami puncak semua yang terbaik, yaitu dalam roh, jiwa, tubuh, ekonomi, ujungnya pengangkatan, baru masa antikris. Tidak ada rencana Tuhan yang jahat. Selama kita serukan nama Yesus, Dia akan lakukan perkara ajaib dalam hidup kita.

Tidak ada komentar: