Kamis, 22 Mei 2014

Siapakah Roh Kudus

Sun, May 18, 2014
Pdt. Petrus Hadi Santoso


Dalam hidup kita yang terpenting adalah melihat penyertaan Tuhan. Hidup kita disertai Roh Kudus. Banyak orang tidak kenal siapa itu Roh Kudus. Orang-orang saksi jehovah berkata Roh Kudus hanya sebagai tenaga aktif jadi tidak perlu diikuti.

Yohanes 15:26

Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang
keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.

Roh Kudus bukan tenaga aktif. Roh Kudus adalah hasil pengejawantahan dari Allah Bapa.


Amuba yang satu membelah diri menjadi yang lain. Hal pertama yang dilakukan Allah Bapa adalah membelah menjadi Tuhan Yesus kemudian Roh Kudus. Sehingga dalam kitab kejadian dikatakan "Kita".

Matius 12:31-32

Sebab itu Aku berkata kepadamu: Segala dosa dan hujat manusia akan diampuni, tetapi hujat terhadap Roh Kudus tidak akan diampuni. Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datangpun tidak.


Kalau Roh Kudus hanya sebagai tenaga aktif maka tidak akan mungkin punya kuasa yang begitu besar. Ahli taurat dan orang orang farisi tahu persis 100% Yesus dari Allah. Tapi mereka juga 100% sadar Yesus adalah Belzebuk. Itu yang namanya menghujat.

Kisah Para Rasul 5:3-4

Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu? Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah."


Ananias mau memberi persembahan setengah atau banyak tidak masalah. Tapi kesalahan Ananias adalah mendustai Allah. Roh Kudus menyuruh Ananias untuk persembahkan semua tapi mamon berkata persembahkan sebagian. Dusta adalah sebagai akibat. Berbohong dulu baru berdusta. Ananias bukan mendustai manusia tapi Allah. Roh Kudus adalah Allah. Kalau Roh Kudus adalah tenaga aktif maka tenaganya tidak sehebat itu.

Efesus 4:30

Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.


Sampai disebut Roh Kudus Allah. Kenapa orang perlu Roh Kudus? Orang dibaptis Roh Kudus adalah seperti meterai. Surat diatas materai dengan surat tanpa materai beda kuasanya/power. Baptis dari kata baptiso artinya menyelam. Kita harus menyelam dalam Roh Kudus. Kalau Roh Kudus adalah tenaga aktif maka kita bisa mendukakan. Tapi karena Roh Kudus adalah Allah maka jangan sampai kita mendukakan.

Yohanes 14:28
Kamu telah mendengar, bahwa Aku telah berkata kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku datang kembali kepadamu. Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar dari pada Aku.


Kita harus melihat posisi Allah Bapa, Tuhan Yesus dan Roh Kudus. Walaupun Yesus adalah ejawantah dari Tuhan, Yesus bentuknya sama tapi Yesus tetap mengatakan Bapa lebih besar

Yohanes 15:26
Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.


Orang yang lebih besar yang diutus apa yang mengutus? Yang lebih besar adalah mengutus. Walaupun Roh Kudus adalah Allah tapi tetap dibawah. Fungsi Roh Kudus adalah seperti ibu. Makanya dalam kitab wahyu dikatakan tahta Bapa dan tahta Yesus. Sehebat-hebatnya anak, hormati orang tua. Sehebat-hebatnya kerja dan penghasilan istri tetap harus tunduk kepada suami.

Yohanes 10:29-30

Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapapun, dan seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa. Aku dan Bapa adalah satu."

Yesus menyadari bahwa Dia adalah Bapa tapi Dia merendahkan diri. Bapa, Putra dan Roh Kudus adalah satu.

Kejadian 1:26
Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."


Setelah Allah Bapa mengejawantah menjadi Tuhan Yesus dan Roh Kudus. Allah Bapa berkata kepada Tuhan Yesus dan Roh Kudus untuk menjadikan manusia segambar dan serupa dengan Mereka. Kalau kita tidak menempatkan segambar dan serupa maka tidak ada kuasa. Kalau kita sebagai istri hebat berbisnis tapi tidak tunduk kepada suami maka tidak ada kuasa. Mungkin uang didapat tapi kesehatan tidak ada dll. Demikian anak tidak ada kuasa kalau melawan orang tua.

Adam dan Hawa tidak mengalami berkuasa. Tetapi mulai Adam ke dua yaitu Yesus yang menggenapkan taurat sehingga kita diangkat menjadi manusia Allah.



Melalui Tuhan Yesus posisi kita diatas malaikat. Kita berada diantara Allah dan malaikat, itu yang menyebabkan kita perang tidak takut.

1 Timotius 6:11
Tetapi engkau hai manusia Allah, jauhilah semuanya itu, kejarlah keadilan, ibadah, kesetiaan, kasih, kesabaran dan kelembutan. Bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar dan rebutlah hidup yang kekal. Untuk itulah engkau telah dipanggil dan telah engkau ikrarkan ikrar yang benar di depan banyak saksi.


Apa yang harus dijauhi
1 Timotius 6:9-10

Jadilah orang yang berkenan kepada Allah. Kalau berkenan berkat itu mengejar. Uang tidak salah tapi cinta uangnya yang salah. Tidak ada waktu untuk keluarga, tidak ada waktu untuk baca alkitab, tidak ada waktu untuk ibadah maka hati-hatilah.

Matius 6:31-33

Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai? Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu. Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.


1 Korintus 6:1-7

Inilah kedudukan kita yang ajaib kalau kita mengenal siapa Bapa, Putra dan Roh Kudus. Saat pengangkatan akan ada orang yang tinggal di sorga dan ada yang memerintah di bumi. Kalau kita menjadi manusia maka tidak bisa menghakimi malaikat karena posisi kita dibawah tapi kalau kita menjadi manusia Allah maka kita bisa menghakimi malaikat (iblis juga malaikat). Masalah besar dan kecil adalah cara pandang kita. Orang hebat adalah orang yang membuat masalah besar menjadi kecil dan masalah kecil dihilangkan. Kalau orang lemah malah sebaliknya, dia membesar-besarkan masalah kecil. Kalau kita mengerti derajat kita maka hidup kita akan berbeda.

2 Korintus 5:17
Tidak ditulis dalam gereja tapi dalam Kristus. Kristus artinya urapan. Kalau kita hidup dalam pengurapan maka penyertaan Tuhan nyata. Kalau bc alkitab bolong-bolong maka pengurapan itu tidak ada.

Matius 18:18-20
Dua tiga orang ini bicara tentang Bapa, Putra dan Roh Kudus. Bukan cuma kumpul tapi sepakat. Ini gambaran suami istri dan anak harus sepakat. Setan tidak suka kita sepakat. Kita punya otoritas dalam Tuhan Yesus.

Wahyu 22:1
Kenapa tidak ada tahta Roh Kudus? Karena fungsi Roh Kudus sebagai ibu. Istri tidak boleh menetapkan, yang menetapkan adalah suami. Istri boleh usul tapi tidak bisa menetapkan. Kalau anggota keluarga berfungsi dalam peranan masing-masing akan hidup harmonis

Tidak ada komentar: