Senin, 03 Agustus 2015

Seminar Yobel Besar


Fri, Jul 31, 2015
Pdt. Petrus Hadi Santoso


Imamat 25:8-10
And thou shalt number seven sabbaths of years unto thee, seven times seven years; and the space of the seven sabbaths of years shall be unto thee forty and nine years. Then shalt thou cause the trumpet of the jubilee to sound on the tenth day of the seventh month, in the day of atonement shall ye make the trumpet sound throughout all your land. And ye shall hallow the fiftieth year, and proclaim liberty throughout all the land unto all the inhabitants thereof: it shall be a jubilee unto you; and ye shall return every man unto his possession, and ye shall return every man unto his family.

Sejak bangsa Israel keluar dari mesir dan masuk Kanaan merupakan momentum penting bagi Israel dan bagi Tuhan. Dihitung sejak 50 tahun ada sesuatu yang penting. Kadang2 Tony Edberd di acara2 tertentu mengadakan open house. Kadang di indonesia juga diadakan acara open house. Apa itu open house? Itu merupakan acara dimana presiden bisa makan bergabung dengan rakyatnya. Yobel adalah masa yang luar biasa supaya penduduk mengalami pembebasan. Walaupun sudah di Kanaan tapi bangsa israel tetap mengalami kesulitan. Segala derita Tuhan lihat. Sampai tahun 50, ada tiupan sangkakala dimana-mana. Hari2 ini kita mendengar ada bunyi sangkakala dimana2 itu artinya kita sedang masuk yobel besar.

Local guide israel hendak memberikan buku kepada Pak Pet, intinya ketika ada tuan yang baru beli budak sering merasa tidak suka. Budak2 sering ditaruh di tempat yang sunyi dan ditutup telinganya supaya budak tidak mengerti kalau ada bunyi sangkakala. Sebab walaupun baru jadi budak 2 minggu, ketika mendengar sangkakala maka dia harus bebas.

Yobel besar terjadi supaya semua penduduk mengalami pembebasan. Yobel besar terjadi 50 tahun sekali artinya itu hanya terjadi sekali dalam hidup kita. Yobel besar adalah yobel terakhir. Yobel besar terjadi 2015, artinya yobel akan terjadi lagi 2065.

Maleakhi 3:17-18
And they shall be mine, saith the LORD of hosts, in that day when I make up my jewels; and I will spare them, as a man spareth his own son that serveth him. Then shall ye return, and discern between the righteous and the wicked, between him that serveth God and him that serveth him not.

Maleakhi adalah nabi yang menubuatkan tentang akhir jaman. Dalam maleakhi ada kemenagan besar. Tuhan mempersiapkan sebelum hari2 itu tiba. Tuhan butuh hamba2nya yang mempersiapkan hatinya dan mau melakukan apa yang Tuhan mau berikan. Sesuatu yang menjadi kesayangan maka akan berbeda. Perlakuan terhadap kesayangan akan berbeda. Tuhan berjanji kita akan menjadi umat kesayangan. Sebuah perilaku khusus yang dari Tuhan. Ada orang yang melayani Tuhan dan ada orang yang tidak melayani Tuhan. Tuhan perhatian kepada kita, kita harus berikan waktu untuk melayani Tuhan. Hannas dan kayafas terlalu sibuk sehingga Tuhan bicara kepada yohanes pembaptis. Alkitab berkata engkau melakukan ini itu demi nama-Ku, Aku tidak kenal engkau. Ratu wasti dia hanya sibuk untuk acaranya sendiri.
Ayat 18 bicara bukan kedatangan Tuhan tapi bicara tentang masa yang ajaib. Pekerjaan si jahat adalah menutup telinga kita sehingga kita tidak mendengar suara terompet. Hari2 ini kita akan melihat kembali perbedaan antara kita dengan yang lain. Hari2 ini sesungguhnya belum ada perbedaan kita dengan orang dunia. Orang dunia marah, kita marah. Orang dunia jatuh dalam percabulan, kita jatuh dalam percabulan. Orang dunia stress, kita stress. Apa bedanya? Ada banyak anak Tuhan yang sama dengan orang dunia. Banyak anak2 Tuhan yang tidak bisa menjadi contoh untuk jadi terang. Kalau kita beribadah kepada Tuhan maka akan ada perbedaan.

Yohanes 14:12
Verily, verily, I say unto you, He that believeth on me, the works that I do shall he do also; and greater works than these shall he do; because I go unto my Father.
Ayat ini belum terjadi. Kapan ayat ini terjadi? Itu akan terjadi pada...

Daniel 9:24
Seventy weeks are determined upon thy people and upon thy holy city, to finish the transgression, and to make an end of sins, and to make reconciliation for iniquity, and to bring in everlasting righteousness, and to seal up the vision and prophecy, and to anoint the most Holy.
Nabi daniel nubuatnya sangat erat dengan kitab wahyu. Dari sekian nubuatan terselib 1 nubuatan yaitu ayat diatas. Ada momentum khusus yaitu yobel besar.

‪#‎Penjelasan_slide‬ bagi yang berminat bisa hubungi kami. Tq

1 komentar:

Unknown mengatakan...

thank you for sharing this.