Kamis, 13 Maret 2014

Tawanan Roh

Sun, Mar 9, 2014
Bp. Anton

Yosua 1:1-18

Jangan jenuh dengan firman Tuhan karena Tuhan mau kita terus diisi dengan firman Tuhan. Yosua berasal hanya dari sebuah abdi. Dari seorang pembantu jadi panglima Israel.

Keluaran 24:13, Yosua 1:1, Keluaran 33:11, Bilangan 11:28

Berulang-ulang dikatakan yosua hanya seorang abdi yang benar-benar berasal dari bawah. Kita mungkin lahir di sebuah gereja tapi kalau hati tidak dididik hati hamba belum jadi kristen. Bukan apa yang dilihat yang dibutuhkan tapi yang ada dihati yang kita butuhkan. Kita bagi nasi bungkus orang berkata sudah tidak jaman. Biarin itu urusan orang lain, tapi ini urusanku. Destiny secara rame-rame gampang tapi destiny pribadi harus gila-gilaan.

Yosua tidak hanya mengabdi tapi dia jadi tawanan Roh. Setiap kita punya panggilan berbeda-beda. Roh menyala, jiwa sehat tapi tubuh tidak terlihat. Apa yang salah? Premi belum dibayar. Belum ada hubungan pribadi dengan Tuhan. Banyak orang yang protes. Yosua tidak hanya abdi tapi dia tawanan roh. Kita hanya ingini yang Tuhan ingini.

Sesuatu yang tidak enak adalah menjadi orang yang menghamba. Kita push yang didepan mata maka yang diatasnya pasti bisa dicapai. Kalau kita nurut maka ajaib. Tidak bisa kita mainnya diroh tapi tidak kerja.

Keluaran 33:11

Saat Musa pergi, Yosua tidak enak-enakan pergi tapi dia tinggal dalam hadirat Tuhan. Itu yang menyebabkan dia jadi panglima. Dia orang taat, setia , tekun, dan tinggal dalam hadirat Tuhan.

Hanya kuat dan teguhkan hatimu. Tuhan minta supaya Yosua tidak terpaut ke yang lain. Itu yang namanya tawanan Roh.

Ulangan 11:16, Bilangan 27:18, Ulangan 34:9

Saat dia tinggal dalam hadirat Tuhan, dia jadi tawanan Roh bukan tawanan Musa. Kalau tawanan Musa, saat Musa pergi, dia mungkin pergi. Tapi alkitab berkata dia tawanan Roh. Saat Musa naik gunung, Yosua tetap tinggal dalam hadirat.

Yosua 3:1

Yosua orang yang rajin bangun pagi-pagi bayar premi.

Yosua 1:10

Yosua bukan hanya seorang jongos tapi dia punya mental pemimpin. Jangan kelemak-kelemek tapi sesuatu yang menggigit.

Bilangan 26:65

Hasil dari sebuah kesetiaan, ketekunan, mengabsi dan menjaga diri.

Bilangan 14:38

Siapa yang tidak mau dinggal? Pasti kita angkat tangan. Bayar harganya gmn? Tidak bisa kita minta tanpa tinggal di kemah, bayar premi dan rubah mental. Push kita memang abdi Tuhan tapi kita punya mental penguasa.

Bilangan 34:17

Yosua selalu disebut, dia dapat kehormatan, kemenangan, jarahan.

Keluaran 17:10

Musa, Harun dan Hur naik gunung. Yosua mengabdi bukan kepada Musa tapi menjadi abdi Tuhan. Kalau abdi Musa mungkin dia tidak mau berperang tapi dia menjadi abdi Tuhan sehingga dia maju berperang. Push dengan diri kita, menggigit ke Tuhan. Apapun posisi kita, mari bergerak. Tapi sering kita aku pingin sama dengan yang lain.

Tidak ada komentar: