Senin, 08 Juli 2013

Persiapan Masuk Kingdom Explosion

Minggu Pagi, 7 Jul 2013
Bp. Yohanes Brama

Daniel 11:32b
tetapi umat yang mengenal Allahnya akan tetap kuat dan akan bertindak.

Daniel 11:32b
But the people who know their God will firmly resist him.

Terjadi kegerakan Tuhan yang luar biasa. Kegerakan dengan aktif bergerak dengan cepat tepat. Kita melakukan segala yang Tuhan perintahkan karena ada Roh Kudus sehingga kita punya passion. Segala sesuatu akan terjadi bahkan lebih dari yang kita fikirkan. Kita bukan hanya teori tapi kita akan mengalaminya. Tuhan sedang bangun generasi dimana fasilitas Tuhan beri dengan gratis walaupun segalanya butuh pengorbanan dan bayar harga. Kingdom explotion adalah Tuhan mempersiapkan diri kita untuk menjadi dampak yang besar. Setelah melakukan apa yang Tuhan mau, segalanya akan kembali ke hidupnya.

Kita mau mengenal sebuah dimensi yang berbeda. Kadang kekristenan kita kosong, datang ke gereja hampa. Tetapi dimensi kingdom, kita akan diisi oleh hal-hal yang ajaib. Yang tidak punya kekuatan akan diberi kesanggupan untuk berdiri, yang tertutup akan dibukakan. Kita harus melewati proses kesiapannya. Jangan lihat prosesnya tapi lihat dampaknya. Seperti tokoh-tokoh yang memperoleh kingdom explotion.

Tuhan mau melawat keluarga dan bangsa tapi kita harus explotion. Kita akan diperhadapkan dengan situasi dimana kita akan mengandalkan Tuhan ataukah manusia.

Hari-hari ini kalau hidup kita kosong, berhati-hatilah. Sudahkah hidup kita bergelora untuk Tuhan. Ikut Tuhan ada aturannya. Kalau kita mengikut Tuhan dengan cara kita, maka dampak dari kingdom explotion pun akan kosong, sebaliknya kalau kita ikut Tuhan dengan passion, ledakan dan pemulihan segala sesuatu terjadi. Sering kali kita terjerumus dari perkataan orang, tapi terus kejar membaca alkitab sehingga kita tidak mengandalkan orang lain. Jangan kita hidup dalam lingkungan pikiran kita. Tuhan sedang bawa kita keluar. Tuhan balikkan keadaan seperti orang membalikkan telapak tangan. Buat hati kita mengerti hati Tuhan, hidup dalam panggilan Tuhan.

Semua ilmu tidak akan bisa masuk dalam perhitungan Tuhan. Kita punya Tuhan yang lebih dari segala ilmu dan info. Apakah kita sudah percaya akan dampak kingdom explotion?

Percaya seperti apa yang Tuhan mau?
Roma 4:21-22
dengan penuh keyakinan, bahwa Allah berkuasa untuk melaksanakan apa yang telah Ia janjikan. Karena itu hal ini diperhitungkan kepadanya sebagai kebenaran.

Romans 4:21-22
Being fully persuaded that God had power to do what he had promised. This is why "it was credited to him" were written not for him alone,

Rubah paradikma kita. Percayanya Abraham adalah masuk kedalam apa yang Tuhan rancangkan. Bukan hanya percaya tetapi masuk dalam setiap skenario-Nya Tuhan. Kalau kita mau memasuki kingdom explotion harus tinggalkan pemikiran kita.

Tuhan benci dengan illah lain. Ketika kita menduakan Tuhan dengan illah lain, mungkin dalam diri kita tidak terjadi apa-apa , tetapi lihatlah keluarga kita. Apakah semuanya beres? Ada beberapa hal dimana Tuhan sedang uji kita. Kenapa kalau kita mau memasuki kingdom explotion justru masalah semakin menumpuk? Semua berbalik kepada hati kita, jangan pakai paradikma diri sendiri.

Berdoalah, hidupkan alam roh kita. Tuhan mau supaya kita membawa dampak. Waktunya sudah sangat singkat. Tuhan bukakan segala sesuatu. Ujungnya semua kembali kepada diri kita. Mau tidak kita mengalami kingdom explotion? Mau tidak kita bertemu dengan Tuhan? Mau tidak kita percaya dan masuk dalam dimensi Tuhan?

Kesaksian Bp. Budi
Tinggal di Jakarta bergabung dengan Alfa Omega Mahanaim. Mendapat tugas dari Tuhan untuk doa perang di Pulai Simuno, perbatasan Filiphina dengan Kalimantan. Orang-orang di tempat itu tidak bisa berbahasa inggris maupun melayu. Pak Budi dan teman-temannya disuruh buat efes damin. Jangan mengandalkan piliran kita. Pulau berbasis bani kedar, ada masjid tua 400 tahun dengan keempat tonggal dimana setiap sujud pasti mereka peluk. Semuanya dipatok, diberi tumen. Pulang dari perang mereka baru tahu kalau tempat tersebut adalah daerah bajak laut. Penyertaan Tuhan sempurna. Kalau kita punya kesempatan untuk pergi ke bangsa-bangsa, satu hal "jangan mengandalkan kekuatan manusia"

Segala sesuatu serahkan kepada Tuhan. Kunci memperoleh dampak kingdom explotion adalah masuk dalam rencana Tuhan yang sudah disiapkan dalam diri manusia. Ada titik dimana Tuhan bergerak dalam hidup kita, ada titik dimana Tuhan tidak menyertai. Bukan ditentukan oleh Tuhan, melainkan diri kita. Tuhan mau paksa kita kalau kita mau mengalami Tuhan.

Yeremia 29:11
Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Kita harus masuk dalam rancangan Tuhan bukan rancangan kita. Stop dengan rancangan kita, tapi berikan kertas putih atau serahkan rancangan kita kepada Tuhan. Ketaatan mengikuti Tuhan dampaknya luar biasa. Apa yang Tuhan mau buat bukan ditentukan dari siapa kita tetapi hati kita.

Sikap hati seperti apa yang Tuhan mau?
Matius 15:21-28
Lalu Yesus pergi dari situ dan menyingkir ke daerah Tirus dan Sidon. Maka datanglah seorang perempuan Kanaan dari daerah itu dan berseru: "Kasihanilah aku, ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita." Tetapi Yesus sama sekali tidak menjawabnya. Lalu murid-murid-Nya datang dan meminta kepada-Nya: "Suruhlah ia pergi, ia mengikuti kita dengan berteriak-teriak." Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel." Tetapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata: "Tuhan, tolonglah aku." Tetapi Yesus menjawab: "Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing." Kata perempuan itu: "Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya." Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: "Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki." Dan seketika itu juga anaknya sembuh.

Dikisahkan ada perempuan Kanaan bukan perempuan Israel. Mengapa Tuhan tidak menjawab? Karena di jaman itu orang tidak boleh berinteraksi dengan orang Kanaan. Tuhan sudah melakukan bagian-Nya. Perkataan Yesus sangat keras. Seandainya dirubah dengan bahasa yang lebih keras: "Jangan ambil berkat orang Israel". Kita bukan orang Israel, tetapi kita terima anugerah besar. Tidak peduli keadaan kita, tetapi sikap hati kita menentukan apakah kita bisa menerima dampak kingdom explotion. Orang kanaan itu percaya Yesus sanggup menyembuhkan. Peraturan tidak boleh komunikasi. Tetapi dia mau terobos, dia mau terjang sehingga dia menerima kesembuhan.

Kita tidak jauh beda dari wanita ini. Hanya anugerah Tuhan yang memampukan kita bisa masuk kingdom explotion. Tuhan percayakan uang kepada kita, passion itu muncul untuk memberkati orang lain. Tuhan percayakan bangsa-bangsa, passion itu muncul untuk memenangkan bangsa-bangsa. Tuhan percayakan jiwa-jiwa, passion itu muncul untuk memberi dampak.

Apapun yang terjadi, jangan fokus kepada masalah tetapi tanggalkanlah.

Markus 10:28-30
Berkatalah Petrus kepada Yesus: "Kami ini telah meninggalkan segala sesuatu dan mengikut Engkau!" Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang yang karena Aku dan karena Injil meninggalkan rumahnya, saudaranya laki-laki atau saudaranya perempuan, ibunya atau bapanya, anak-anaknya atau ladangnya, orang itu sekarang pada masa ini juga akan menerima kembali seratus kali lipat: rumah, saudara laki-laki, saudara perempuan, ibu, anak dan ladang, sekalipun disertai berbagai penganiayaan, dan pada zaman yang akan datang ia akan menerima hidup yang kekal.

Murid-murid Yesus sudah tinggalkan segalanya. Mau-Nya Tuhan adalah karena "Aku (Tuhan)" dan karena "Injil". Yesus berkara sekarang masa ini mengalami 100 kali lipat. Disebutkan semua pemulihan (rumah, saudara laki-laki, saudara perempuan, ibu, anak dan ladang) dan perlipat kali gandaan. Kita akan terima orang-orang tua yang bisa membimbing kita, kita akan terima anak-anak yang akan kita bimbing. Kita akan terima transportasi untuk pergi ke bangsa-bangsa.

Menjalani apa yang Tuhan mau dampaknya luar biasa walaupun perangnya real. Kairos tidak bisa berkata: "aku ingin, kairos itu langsung datang". Kairos Tuhan tidak datang berkali-kali. Olehnya peka terhadap kairos Tuhan. Tuhan mau supaya kita dipulihkan. Kita sedang berada dalam moment Tuhan yang ajaib. Tuhan sedang mau supaya kita mengalami segalanya.

Abraham tidak memikirkan masalahnya. Tetapi dia mau masuk dalam ledakan yang Tuhan siapkan. Dia mulai melangkah dan didapati setia sampai pemulihan segala sesuatu.

Song:
Bapa karuniakan sebuah hati
Yang mengasihimu lebih dari segalanya
Bapa karuniakan sebuah hati yang menyembah-Muu
Dalam roh dan kebenaran
Lembutkan hatiku
Hancurkan jiwaku
Hidupkanlah aku sesuai dengan firman-Mu
Bentuklah hidupku
Inilah doaku
Sampai hati dalam Yesus

Tidak ada komentar: