Senin, 04 November 2013

Hati Buat Jiwa - Jiwa

Mgg, 27 Okt 2013
Bp. Joseph


Yesaya 43:4

Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu.

Keluaran 19:5

Bagaimana perlakuan kita terhadap barang yang begitu berharga? Sebuah cincin/kalung emas pasti mendapatkan perlakuan yang sangat istimewa. Tuhan juga mau perb...uat istimewa terhadap kita. Tuhan mau menjadikan kita harta kesayangan. Dimata Tuhan setiap orang adalah berharga. Hukum Tuhan kedua ialah kasihilah sesamamu manusia. Tuhan mengerti kalau hidup kita adalah berharga. Misalkan kita mempunyai seekor anjing dan kita begitu mencintainya. Tidak mungkin anjing tersebut kita biarkan bertengkar. Demikian juga Tuhan tidak menghendaki kita bertengkar. Walaupun sejarah membuktikan manusia memandang rendah manusia. Demi memperluas kekuasaan, banyak pembunuhan. Perkembangan jaman tidak hanya penguasa tapi rakyat. Karena hal sepele menyebabkan kematian. Karena gengsi dan iri terjadi pembunuhan. Manusia tidak menghargai manusia. Manusia tidak ada value nya hanya karena selembar uang.

Markus 8:36-37

Seberapa tingginya nilai manusia. Tuhan begitu tinggi menilai manusia. Manusia tidak bisa terbeli dengan emas dari seluruh bumi. Tuhan begitu menaruh perhatian besar. Tuhan memperhatikan nilai/value manusia. Manusia tidak pernah memandang dirinya segambar dan serupa dengan Allah. Manusia merusak dengan narkoba, minuman keras, free sex, mereka tidak menghargai pemberian Tuhan.

1. Yesus berjerih lelah hanya karena jiwa
Markus 4:35
Markus 5:1-21


Yesus berkata mari kita bertolak ke seberang. Diayat 5 mereka sampai ke seberang. Proses penyebrangan mengalami badai taufan sampai murid-murid ketakutan. Apa tujuan Yesus menyeberangi itu? Setelah dari Gerasa pergi ke tempat lain. Apa yang dikerjakan Tuhan Yesus di Gerasa? Yesus sengaja menyeberang hanya untuk 1 orang Gerasa. Yesus tidak melakukan apa-apa lagi kecuali menyembuhkan 1 orang. Ini membuktikan bahwa Yesus menaruh perhatian. Ini membuktikan bahwa engkau begitu berharga.

Ketika kita pacaran sering kita berkata hujan kan kuterjang, gunung kan kudaki , laut kan ku seberangi. Tetapi begitu menikah sudah menjadi suami istri kita berkata "salah'e neko-neko". Manusia tidak ada yang setia. Yesus, Tuhan adalah Allah yang setia. Dia tidak pernah ingkar janji.

Ketika Yesus datang, setan tahu. Setan saja menyembah tapi kita disuruh praise worship hanya bengong. Setan tahu ketika Tuhan hadir dapat menghanguskannya, tapi kita tidak pernah merasakan hadirat Tuhan. Setan tahu ada kuasa dalam Tuhan, kita tidak pernah menikmati kuasa Tuhan.

Dalam perjalanan ke Gerasa mereka mengalami persoalan. Mereka harus menghadapi badai taufan. Perahu kemasukan air sehingga mereka mewalahan. Yesus melakukan semuanya hanya untuk 1 orang Gerasa. Pengorbanan Yesus hanya untuk orang yang begitu berharga.

Orang-orang yang pergi ke bangsa-bangsa sedang melakukan misi amanat agung. Perjalanan berjerih lelah bahkan sampai pantat kapalan. Hanya karena jiwa-jiwa. Jangan pernah punya pandangan "ngopo repot-repot". Tuhan perintahkan kepada kita jadikan semua bangsa murid Yesus. Betapa berharganya sebuah nyawa sehingga Dia rela berkorban. Apa yang belum pernah kita alami kita akan alami dengan ajaib. Apa yang kita kerjakan, kita akan mendapatkan kemuliaan melebihi rasa capek kita. Kita bisa mengalami perjumpaan dengan Tuhan sehingga hidup kita bergelora melimpah. Mengapa harus seperti itu. Kita yang sudah menerima penebusan, kita bisa menyalurkannya.

2. Terobos setiap rintangan
Yohanes 4:1-18
Yesus harus melewati daerah Samaria. Orang-orang Yahudi tidak suka dengan orang Samaria. Orang Yahudi memandang rendah orang Samaria karena mereka kawin campur. Mereka menganggap tidak level, gradenya tidak selaras. Terjemahan ini kurang tepat, lebih tepatnya Yesus sengaja lewat daerah Samaria. tujuannya cuma 1 yaitu seorang Samaria. Suami kawin cerai, yang keenam kumpul kebo. Orang berkata jangan bergaul dengan Samaria. Tapi Yesus mengabaikan semua rasa gengsi. Dengan rendah hati dia masuk Samaria hanya demi seorang wanita Samaria. Ayat 40-42. Akhir dari orang Samaria ini dia bertobat dan banyak orang bertobat pula. Yesus peduli, kita berharga, kita dijadikan harta kesayangan.

Jangan lakukan perkara yang sia-sia. Yesus mau menjadikan kita berharga. Pertanyaannya apakah kita mau? seberapa kita begitu berharga, Mereka (Bapa, Putra, Roh Kudus) jadikan kita serupa dan segambar dengan Tuhan. Yang serupa dengan Tuhan adalah roh. Jiwa masih punya hasrat untuk keinginan. Dalam hidup kita ada benih ilahi. Jangan buang karena itu ciptaan Tuhan yang berharga.

3. Memenangkan jiwa buat Tuhan
Pada saat manusia mati, tubuh ini masuk ke liang kubur, tapi roh ini tidak. Roh ini kekal. Pertanyaannya roh kita masuk kemana? Masuk ke dalam kemuliaan atau api neraka. Kita begitu berharga sehingga Tuhan mencari orang-orang yang berdosa. Agama: manusia mencari Tuhan. Tapi iman: Yesus mencari manusia. Ada banyak ritual-ritual agama supaya mereka ketemu Tuhan. Tapi Yesus datang sendiri menemui kita untuk bertobat dan menjadi berharga.

Belajar mengerti siapa diri kita. Cari jiwa yang banyak datang kepada Tuhan. Orang-orang pergi ke bangsa-bangsa karena misi Tuhan. Mungkin kita tidak harus pergi kesana. Kita bisa mendukung melalui dana. Di Afrika Pak Hadi harus buat KKR, memberi makan bangsa. Kalau mereka diajak ayo KKR mereka tidak datang. Tapi kalau ayo KKR ada makanan. Mereka datang. Karena mereka berfikir kalau Yesus ada pasti ada berkat. Taburan kita hanya untuk jiwa-jiwa. Kita yang mau berangkat ya silahkan, tapi kalau yang tidak bisa berangkat mari kita support dengan dana. Mereka (yang pergi ke bangsa-bangsa) pergi perang bukan dolan/main melainkan menangkan jiwa-jiwa. Kalau kita menabur bukan untuk transport hamba-hamba Tuhan melainkan untuk memberi makan jiwa-jiwa. Kalau Tuhan yang suruh supaya kita menabur artinya Tuhan mau buat mujizat yang luar biasa.

Tidak ada komentar: