Senin, 19 November 2012

Kuasa Perkataan

Minggu Pagi, 11 Nov 2012
Pdt. Petrus Hadi Santoso

Lukas 13:10-17
Yesus mengajar di rumah ibadah. Ada seorang perempuan 18 tahun dirasuk roh sehingga sakit bungkuk.
Selama ini banyak orang berpendapat asal aku kegereja pasti aku selamat. Kalau orang mengerti kekristenan maka dia akan dibawa ke gereja. Tetapi orang yang percaya dia bisa membangun sehingga disebut eklesia. Dalam hal
ini bukan membangun gedung gereja melainkan membangun, meneguhkan dan menguatkan jemaat.

Setan level rendah adalah setan seperti genderuwo, tuyul, kuntilanak dsb. Setan level tinggi adalah setan yang menguasai pikiran sehingga orang tidak tahu kalau dirinya dikuasai oleh setan. Banyak terjadi pembunuhan, fitnah, rumah tangga cerai, itu adalah setan yang menguasai pikiran.

Perempuan tersebut dirasuki roh jahat. Dia tidak loncat-loncat, tidak marah-marah, tidak teriak-teriak sehingga pendeta bahkan dirinya sendiri pun tidak tahu kalau dirinya dirasuki roh jahat. mengusir setan dari rumah lebih mudah daripada mengusir setan yang ada dipikiran.
Kalau setan diijinkan kepada kita dan kita tidak perangi, maka akibatnya adalah kerugian baik roh, jiwa, tubuh dan ekonomi.
Kalau kita sudah 18 tahun atau lebih jadi orang kristen tetapi masih bongkok maka ada roh jahat dalam diri kita. Baik bongkok iman, kita jarang baca alkitab dan penyembahan, bongkok jiwa kita memikirkan apa yang bukan dari pikiran Tuhan , bongkok tubuh kita mudah sakit, bongkok ekonomi rugi terus. Tidak pernah berhasil.

Itu roh yang harus kita perangi. Mulai dengan perkataan firman jangan gosip yang sia-sia. Daripada energi kita gunakan untuk mencemooh, gosip orang lain lebih baik kalau energi itu kita gunakan untuk perang melawan roh yang ada.

Bagaimana cara Tuhan menyembuhkan perempuan itu?
• Tuhan berkata penyakitmu TELAH sembuh.
• Yesus meletakkan tangan-Nya, maka dia berdiri tegak.

Ketika Yesus berkata engkau telah sembuh, perempuan itu masih dalam keadaan bongkok. Baru setelah Yesus meletakkan tangan-Nya atas orang itu, dia sembuh. Hidup kekristenan kita pun hendaknya PERCAYA  DULU  bahwa semuanya telah terjadi, baru kita KERJAKAN apa yang menjadi bagian kita.

Mulut dapat mengeluarkan berkat dan kutuk. Kalau mulut mengeluarkan kutuk maka pintu berkat tertutup, sebaliknya kalau mulut mengeluarkan berkat maka pintu kutuk tertutup.

Orang kristen harus berani berkata TELAH untuk setiap hal yang belum terjadi. Mulai banyak membaca alkitab dan perkatakan firman. Semakin banyak membaca dan mengerti alkitab maka ketika kita ngomongin orang, kita akan merasa tidak enak. Mulailah rubah perkataan buruk kita menjadi perkataan yang memberkati. Kutuk bisa dirubah jadi berkat.

Tidak ada komentar: