Sabtu, 19 April 2014

7 Materai

Sun, Mar 30, 2014
Ev. Lindawati Tedja

Yohanes ketika di pulau Patmos mendapat penglihatan ada gulungan kitab dan tidak ada yang bisa membuka kecuali Yesus. Kini gulungan kitab itu dibuka karena waktunya genap. Inilah 7 materai dalam kitab Wahyu

1. Kuda Putih (Wahyu 6:1-2)
Maka aku melihat Anak Domba itu membuka yang pertama dari ketujuh meterai itu, dan aku mendengar yang pertama dari keempat makhluk itu berkata dengan suara bagaikan bunyi guruh: "Mari!" Dan aku melihat: sesungguhnya, ada seekor kuda putih dan orang yang menungganginya memegang sebuah panah dan kepadanya dikaruniakan sebuah mahkota. Lalu ia maju sebagai pemenang untuk merebut kemenangan.

Kuda putih bicara tentang penyesatan. Kuda penyesatan ini disebar menjelang kedatangan Tuhan ke-2x. Wahyu 19:11 adalah kuda sejati dimana Yesus sendiri yang mengendarainya. Meterai pertama dibuka dan sesungguhnya roh penyesat sedang masuk ke gereja-gereja. Daniel 12:3-4 pada waktu itu kitab itu masih termeterai. Tetapi dalam Wahyu, gulungan kitab itu dibuka krb waktunya sudah genap. Pengetahuan akan bertambah kepada nabi dll. Kepada orang yang mencintai firman Tuhan akan dibukakan. Dia akan kenal diri sendiri dan Tuhan. Dia tidak akan mudah disesatkan. Tuntun orang pada kebenaran. Tuhan curahkan roh pengetahuan dan pewahyuan, minta Tuhan bukakan. Roh penyesat bisa masuk tanpa kita sadari. Sudah doa perang dll tapi kog tidak diberkati. Mulailah penyesatan masuk: ngapain ikut Tuhan dll. Kalau roh penyesat itu didiamkan maka kita bisa percaya kepada penyesatan iblis.
Lawan: Perjanjian Daniel : memperkatakan firman

2. Kuda Merah Padam (Wahyu 6:3-4)
Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang kedua, aku mendengar makhluk yang kedua berkata: "Mari!" Dan majulah seekor kuda lain, seekor kuda merah padam dan orang yang menungganginya dikaruniakan kuasa untuk mengambil damai sejahtera dari atas bumi, sehingga mereka saling membunuh, dan kepadanya dikaruniakan sebilah pedang yang besar.

Kuda merah padam berbicara kemarahan, peperangan, perpecahan, roh huru hara, tugasnya mengambil damai sejahtera. Roh ini yang membuat kita berontak, marah, ribut sana sini. Menjelang pemili roh-roh jahat sedang mengudara. Caleg-caleg sudah melemparkan roh-roh tersebut. Partai-partai akan saling menyerang dan menjatuhkan. Itu juga bisa terjadi di gereja, suami istri dll. Kuda merah padam bisa dikalahkan dengan wajah lembu (4 wajah). Lembu bicara roh kehambaan, kerja keras.
Lawan: perjanjian garam (2 Tawarikh 13:5). Tuhan memegang pemerintahan kerajaan Daud dan keturunannya. Sampai hari ini keturunan Daud masih ada. Garam mempunyai 140.000 fungsi. Di Timur Tengah, di padang gurun, orang mencampur kotoran binatang dengan garam jadi semen. Panas tidak kepanasan dan dingin tidak kedinginan. Kita garam dunia harus berdampak untuk orang lain. Garam artinya kasih. Lawan perpecahan dengan perjanjian garam.

3. Kuda hitam (Wahyu 6:5-6)
Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang ketiga, aku mendengar makhluk yang ketiga berkata: "Mari!" Dan aku melihat: sesungguhnya, ada seekor kuda hitam dan orang yang menungganginya memegang sebuah timbangan di tangannya. Dan aku mendengar seperti ada suara di tengah-tengah keempat makhluk itu berkata: "Secupak gandum sedinar, dan tiga cupak jelai sedinar. Tetapi janganlah rusakkan minyak dan anggur itu."

Kuda hitam berbicara kemiskinan, kelaparan hebat, kegoncangan ekonomi. Nubuatan akan Eropa dan Amerika bahwa dollar akan digoncang. Bu Nany dapat penglihatan panen gagal, petani menangis, tikus-tikus gerogoti batang padi. Kemiskinan bukan hanya sekedar miskin uang saja tetapi juga miskin ilmu dll. Alkitab menjadi segalanya dalam hidup kita. Baca alkitab sebanyak-banyaknya, dengarkan kotbah-kotbah. Miskin rohani artinya tidak ada penyembahan, penyembahan adalah kunci memperkaya spirit dengan keintiman. Miskin attitude: semau gue, respon kasar, ditegur tersinggung, tidak mau dididik. Miskin cinta: hidup hanya berpusat pada diri sendiri. Lawan dengan wajah manusia/mahkota,hikmat Salomo/hikmat Yusuf. Menjadi kaya dan bisa memberi makan banyak orang. Kalahkan dengan perjanjian Maleakhi. Mengembalikan persepuluhan, korban khusus dan memberi sebab kita sudah diberi. Tuhan akan mencurahkan berkat dan menghardik belalang. Hidup kita ditimbang oleh Tuhan. Passion, pengabdian, hidup orang kristen nganggur, tidak pernah ikut pasmur, tidak beri tenaga, waktu, persembahan, semua akan ditimbang. Apakah didapati kita berbobot? Kalau kita punya minyak dan anggur maka maut tidak bisa menyentuh.

4. Kuda Kuning Hijau (Wahyu 6:7-8)
Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang keempat, aku mendengar suara makhluk yang keempat berkata: "Mari!" Dan aku melihat: sesungguhnya, ada seekor kuda hijau kuning dan orang yang menungganginya bernama Maut dan kerajaan maut mengikutinya. Dan kepada mereka diberikan kuasa atas seperempat dari bumi untuk membunuh dengan pedang, dan dengan kelaparan dan sampar, dan dengan binatang-binatang buas yang di bumi.

Kuda Kuning hijau berbicara tentang kerajaan maut, binatang buas, sampar, penyakit menular, virus. Bukan hanya virus penyakit saja tetapi virus tarian, video porno dll. Hidup kita berhadapan dengan maut tapi FT berkata Yesus sudah mengalahkan maut jadi jangan takut. Hidup dalam Yesus adalah kehidupan tapi banyak orang mati karena keluar dari Yesus, mati rohani, jiwani, jasmani, dan ekonomi. Banyak kotoran yang menyumbat sehingga aliran air kehidupan itu berhenti (Yoh 15:16). Iblis akan sebarkan pedang-pedang tajam yaitu kata-kata yang menyakiti. Otak kita ada 1 triliun sel. Ketika terkena perkataan yang menyakitkan maka 5 miliar sel bisa mati. Seorang anak dikatakan jelek, dibentak oleh orang tua maka 1 miliar sel otak akan mati sehingga anak bisa bodoh, linglung dll. Hati-hati dengan perkataan kita. Iblis sebarkan lapar: lapar pujian, lapar penghormatan: tidak dihormati marah, lapar cinta: gonta-ganti pasangan, jadi pelacur, cowok tidak perjakan, cewek tidak perawan. Komitmenlah tidak ada hubungan seks sebelum nikah. Setan sebarkan virus iri, virus drug. Binatang buas bicara karakter yang tidak bisa dikendalikan, licik, licin, rakus. Lawan dengan perjanjian darah (Mat 26:28, Wahyu 12:11). Darah Yesus adalah darah perjanjian. Banyak orang kristen tidak mengerti akan ajaibnya perjanjian darah.

5. Aniaya (Wahyu 6:9-11)

Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang kelima, aku melihat di bawah mezbah jiwa-jiwa mereka yang telah dibunuh oleh karena firman Allah dan oleh karena kesaksian yang mereka miliki. Dan mereka berseru dengan suara nyaring, katanya: "Berapa lamakah lagi, ya Penguasa yang kudus dan benar, Engkau tidak menghakimi dan tidak membalaskan darah kami kepada mereka yang diam di bumi?" Dan kepada mereka masing-masing diberikan sehelai jubah putih, dan kepada mereka dikatakan, bahwa mereka harus beristirahat sedikit waktu lagi hingga genap jumlah kawan-kawan pelayan dan saudara-saudara mereka, yang akan dibunuh sama seperti mereka.

Sudah terjadi ditengah-tengah kita gereja tidak bisa buka. Akan ada martir-martir Tuhan. Dikalahkan dengan perjanjian kesulungan (Bil 3:13). Perjanjian Tuhan dengan bangsa Israel dengan dikirimkan Tuhan kematian anak sulung dari pimpinan atas yaitu firaun sampai anak sulung ternak. Mesir berbicara kekuatan dunia, yang sulung. Tuhan balikkan yang terima hak kesulungan adalah Yusuf. Dia jadi penguasa dunia. Anak sulung Israel kepunyaan Tuhan tidak dihabisi.

6. Gempa bumi bencana alam (Wahyu 6:12-13)

Maka aku melihat, ketika Anak Domba itu membuka meterai yang keenam, sesungguhnya terjadilah gempa bumi yang dahsyat dan matahari menjadi hitam bagaikan karung rambut dan bulan menjadi merah seluruhnya bagaikan darah. Dan bintang-bintang di langit berjatuhan ke atas bumi bagaikan pohon ara menggugurkan buah-buahnya yang mentah, apabila ia digoncang angin yang kencang.

Kenapa Tuhan suruh kita patok? Tahan semua bencana, antikris, perpecahan dll. Lawan dengan perjanjian pelangi (Kej 8:21; 9:9,11,13). Rencana setan ditahan dengan patok pelangi

7. Sorga sunyi (Wahyu 8:1)

Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang ketujuh, maka sunyi senyaplah di sorga, kira-kira setengah jam lamanya.

Kenapa sorga bisa sunyi senyap padahal sorga tidak pernah sunyi senyap? Di sorga penuh dengan penyembahan. Tidak ada yang nganggur. Satu orang bertobat malaikat bersorak sorai. Kenapa sorga bisa sunyi? Karena tidak ada pertobatan. Tugas kita adalah menginjil. Hidup kalau hanya fokus pada diri sendiri, tidak mau membuat orang bertobat maka sorga sunyi, sepi, hampa. Jangan pernah hidup kita kosong, tidak diisi dengan jiwa-jiwa. Setiap hari harus ada yang bertobat. Dilawan dengan perjanjian Abraham (Kej 15:12-14). Abraham seperti didiamkan setelah keluar dari Ur Kasdim tetapi Abraham taat dan percaya. Ada perjanjian kasih karunia. Abraham melewati kesunyian dan pemotongan kenyamanan/daging. Kita harus lewati kesunyian dan pemotongan kedagingan dalam diri kita.

Tidak ada komentar: