Kamis, 15 Januari 2015

Penjelasan 6 Gerbang HS


Minggu, 21 Desember 2014
Ev. Lindawati Tedja


Setiap kali ke HS, kita akan digiring masuk gerbang. Kalau kita pelajari di alkitab maka ada banyak gerbang. Jadi kalau kita masuk gerbang, itu bukan asal-asalan tapi semuanya ada di alkitab. di perjanjian lama, gerbang adalah sesuatu yang sangat penting. Para penatua ketika hendak mengambil keputusan penting, mereka ada di pintu gerbang. Boas untuk memutuskan sesuatu yang penting pun dia lakukan di pintu gerbang. Pintu gerbang adalah bagaimana kita harus memutuskan sesuatu yang ada di dalamnya. Kerika kita masuk gerbang maka kita memutuskan yang lama dan terima yang baru.

Kejadian 28:10-22

17 Ia takut dan berkata: "Alangkah dahsyatnya tempat ini. Ini tidak lain dari rumah Allah, ini pintu gerbang sorga."


Yakub lari dari Esau dan ketika dia lari, dia tertidur dan bermimpi. Dalam mimpi dia ada di sebuah tangga, malaikat naik turun. Dia melihat Pintu Gerbang sorga. Itu tanda Yakub disuruh masuk gerbang tersebut. Yakub punya kepandaian yang luar biasa. Dia tahu dia harus mengambil keputusan penting. Ini kesempatan dan kairos dari Tuhan. Dia akan mengalami sesuatu yang ajaib, dia tahu dia harus mengambil kesempatan penting. Yakub tahu, disitu dia mengembalikan perpuluhan dan mengikat janji dengan Tuhan untuk kembali ketempat itu. Dia percaya dan dia masuk akhirnya dia memperoleh yang ajaib. Ketika dia pulang dia membawa kelimpahan yang besar. Nanti di HS kita juga akan melakukan hal yang sama. Semua yang tidak baik, kita tutup. Dan sesuatu yang baru, kita harus masuk. Minta petunjuk Roh Kudus gerbang mana yang harus kita masuk. Dalam hidup kita ada hal-hal yang sifatnya khusus. Memang semua gerbang itu kita butuhkan tapi pasti ada 1 sifat khusus. Pintu gerbang sama seperti panggilan jadi mana yang dominan itu yang harus kita masuki.

1. Gerbang pengenalan Roh Kudus (Yohanes 4:23-24)

Kalau kita belum mengenal Roh Kudus sejujurnya kita tidak bisa masuk gerbang lainnya. Sekarang ini waktunya kita menjadi penyembah Bapa dalam Roh dan kebenaran. Karena itu yang dikehendaki Bapa. Pada jaman dahulu banyak orang berdebat, dimana orang harus menyembah? Saat itu sejujurnya Tuhan mau menjelaskan. Menyembah itu bukan soal tempat, rutinitas, tata cara, upacara, ritual, sikap tubuh. Menyembah artinya hubungan roh kita dengan roh Tuhan. Menyembah bisa dilakukan dimana saja, kapan saja. Kita bisa ketemu Tuhan dan bergaul dengan Tuhan. Kita melibatkan Roh Kudus dalam setiap aspek hidup kita sekecil apapun. Kita bisa bertanya dan bicara dengan Roh Kudus. Makin kita membuka hati kita untuk Roh Kudus bekerja, makin kita membuka hati kita untuk diajar dan dilembutkan, makin kita menganggap diri kita tidak layak dan kita membutuhkan Tuhan, kita tidak bisa maka makin besar keinginan Tuhan untuk tinggal dalam diri kita. Makin kita mengingini haus dan lapar akan Tuhan maka semakin besar Roh Tuhan akan tinggal dalam diri kita. Kalau kita mau masuk gerbang pengenalan Roh Kudus maka kita makin banyak baca buku tentang Roh Kudus, mulai ngomong dengan Roh Kudus. Roh Kudus adalah pribadi yang hidup ditengah-tengah kita. Roh Kudus adalah Roh penolong, Roh kebenaran, Roh Tuhan, Roh penghibur, Roh yang mengajar, Roh yang mengingatkan. Roh Kudus adalah Pribadi yang perlu diajak bicara, Dia tahu selera. Kalau kita kristen datang ke gereja hanya rutinitas maka dia hanya mencari ada yang Tuhan punya tapi bukan Pribadi Tuhan itu sendiri. Kekristenan adalah hubungan pribadi dengan Tuhan. Begitu kita menginginkan Pribadi itu maka kita memiliki segalanya.

2. Gerbang Generasi Yoel

Gerbang generasi Yoel berbicara apa yang harus kita bereskan. Apa saja yang harus dibereskan?
• Pemulihan diri. Kita percaya kita jadi manusia baru. Beresi yang didalam. Kalau kita masih ada kepahitan, pemberontakan segera bereskan.
• Pemulihan keluarga. Ada pemulihan terhadap suami, istri, anak, menantu, mertua, pemimpin, anak buah.
• Pemulihan gereja. Gereja adalah umat Tuhan, orang-orang yang percaya kepada Tuhan. Gereja Tuhan menjadi mempelai Kristus
Kidung Agung 8:6
Sesuatu di dalam yang begitu mengingini Tuhan. Meterai adalah lambang sah, genap, bergaransi. Meterai bicara melekat pada Tuhan. Kegigihan adalah keinginan yang kuat. Ciri generasi yoel adalah keinginan kuat, berjalan dengan api dan passion, tidak terhentikan, menghabisi musuk tidak tersisa. Generasi Yoel yang bicara kuasa Roh Kudus. Anak-anak kecil, muda dan tua akan mendapat mimpi dan penglihatan. Kalau ada kebekuan hati, tawar hati, ke gereja malas, baca alkitab malas, gampang tersinggung, gampang marah mulai menjerit minta passion. Beri perhatian kepada keluarga. Jalin komunikasi lebih intim/dalam. Lakukan apa yang Tuhan mau dalam ketaatan, kerendahan hati, kerelaan. Gerbang generasi yoel dimulai dari diri kita.

3. Gerbang keajaiban (1 Korintus 4:20)

Pada waktu kita bertobat, kita sudah dalam 1 paket dengan keajaiban. Harusnya kita mengalami keajaiban demi keajaiban. Tapi banyak orang yang tidak mengalami. Kerajaan Allah bukan sekedar ucapan tapi kuasa, power, dinamis, keajaiban, mujizat. Apa yang harus kita lakukan untuk terima kuasa itu? Lukas 17:21 kerajaan Allah ada diantara kita. Kita masuk Gerbang keajaiban bukan berarti kita butuh keajaiban disana- disana karena kerajaan Allah ada diantara kita. Kita harus mengalami keajaiban itu. Lukas 18:17 untuk masuk gerbang keajaiban pantangannya adalah tidak percaya, apatis, ragu-ragu. Anak kecil adalah percaya, tidak banyak mikir, lugu, polos, taat. 1 Yohanes 2:6 kita di dalam Yesus akan mengali keajaiban seperti ketika Yesus hidup. Pantangannya adalah tidak percaya. Kalau kita tidak percaya maka kita tidak akan terima mujizat. Percayalah seperti anak kecil. Semua keajaiban tujuannya adalah memuliakan Tuhan. Yohanes 12:14 butuh percaya, taat dan lakukan.

4. Gerbang Terobosan (2 Samuel 5:17-20)

Terobosan adalah sesuatu yang besar. Daud memukul kalah orang Filistin. Terobosan adalah mengalahkan sesuatu yang besar. Baal Perasim adalah Tuan Penerobos. Menerobos musuh seperti air menerobos seperti tsunami. Menerobos artinya perubahan yang signifikan. Terobosan juga artinya move on, mengingini yang mustahil, mengingini sesuatu yang besar. Seing kali kita mau terobosan tapi kita tidak berani berjalan dengan Tuhan. Rintangannya trobosan adalah tidak berani bergerak dengan Tuhan.

5. Gerbang hujan awal dan hujan akhir

Hujan awal artinya menyiapkan tanah agar benih dapat tumbuh. Hujan akhir artinya untuk menumbuhkan tuaian sampai maksimal. Hujan akhir terjadi sebelum musim panas. Hujan awal terjadi di jaman pentakosta. Hujan karunia, kesembuhan, lawatan dicurahkan. Hujan awal bicara pengajaran, pelayatan FT yang diurapi, pelayanan penuh Roh Kudus. Hujan akhir bicara persiapan penuaian. Sekarang kita hidup di jaman akhir, tuaian besar akan terjadi. Yoel 2:23-24 Tuhan sedang menurunkan hujan awal dan akhir (double porsi). Gerbang hujan dan akhir artinya lawatan dan tuaian, revival. Kita harus bawa api lawatan sampai seluruh negeri, bumi. Punya jeritan akan jiwa-jiwa, tangisan akan jiwa-jiwa. Yang masuk gerbang ini dalam 1 hari berbahasa Roh 1 jam. Pelajari kebangunan rohani.

6. Perbang Kabod
Gerbang kabot artinya pendewasaan. Tidak mudah karena untuk level raja-raja, penuh Roh Kudus, mengalami terobosan, keajaiban , cinta jiwa-jiwa. Kabod artinya kemuliaaan. Tuhan , bobot, berkualitas, keagungan, kaya, melimpah. Waktu Salomo mendirikan bait suci, kemuliaan Tuhan turun dan orang-orang tidak tahan berdiri jatuh rata dengan tanah. Begitu kabod Tuhan turun, kita berbohon seperti ananias dan safiri maka kita bisa mati seketika. Kita di Indonesia sejujurnya bersyukur sekali karena kalau di LN hadirat Tuhan itu sulit. Tapi sering kita menyepelekan hadirat Tuhan dengan main HP dll. Uza begitu hadirat Tuhan turun, kabod ada diatas tabut Tuhan, dia tidak mengerti, dia bermain akhirnya mati. Anak imam Eli (nadab dan abihu)bermain dengan api asing, mereka mati. Kalau kita mau masuk gerbang kabod, tidak ada takut dan gentar akan Tuhan maka habislah hidup kita. Mati bukan hanya mati jasmani tapi juga mati rohani, passion, keuangan. Hargai, hormati hadirat Tuhan. Jangan ngobrol sendiri. Bagaimana kita masuk gerbang kabod? Bersih hidup kita. Kita banyak dosa, kefasikan, kenajisan. Berikan pertobatan penuh, sejati. Buat pertobatan yang sungguh-sungguh. Ada haus dan lapar, ada cinta passion, ada korban, kerinduan, pengabdian, bayar harga, berani melakukan yang Tuhan mau dalam hidup kita berapapun harganya. Kalau Tuhan suruh masuk maka Tuhan beri jaminan. Orang yang masuk gerbang kabod adalah dia tahu cara memperlakukan Tuhan pada waktu kita mengalami tekanan atau mendapat berkat Tuhan yang luar biasa. Ngomel, marah-marah, lupa Tuhan , tidak pernah memberi, sombong, pelit maka belum lulus gerbang kabod.

Semua gerbang luar biasa. Tapi berdoalah, kita kuat dimana. Pilih dalam ketepatan dan pengertian.

Tidak ada komentar: