Selasa, 03 November 2015

Berkomunikasi dengan Tuhan


Mgg, 18 Okt 2015
Bp. Yohanes Brama


1 Korintus 4:20
Mari kita percaya, bersama Tuhan itu berbeda. Kalau kita mengerti maka Tuhan akan bawa ke titik tersebut. Tuhan tidak hanya membawa kita dengar yobel besar tapi Tuhan mau bawa kita menikmati yobel besar. Ayin vav bahwa mata Tuhan tertuju kepada mereka yang hatinya terpatok. Apa itu terpatok? Terpatok artinya dimiliki. Dalam PL dipatok dilakukan dengan ditindik. Kenapa Tuhan mau mematok kita? Spy kita tidak hanya dengar Tuhan tapi spy kita mengalami kuasa. Percuma kalau kita jadi umat kristen tidak mengalami mujizat. Kita tidak bisa setengah2. Mengikut Tuhan ada caranya.
Hagai 1:1-7
Umat mengalami salah tangkap dengan hati Tuhan. Pada waktu mereka merasa itu dari Tuhan maka Tuhan berkata berbeda. Dampak ketika mereka tidak menangkap maksut Tuhan adalah ayat 6. Pada waktu sudah melakukan apa tapi hasilnya tidak ada. Ini adalah kisah untuk kita belajar bersama Tuhan ada yang bisa mengalami yobel besar dan ada yang tidak. Semua tergantung cara kita menyikapinya. Kita harus melakukan apa yang Tuhan siapkan. Kenapa kita harus berdoa? Doa adalah komunikasi, yaitu spy kita nyambung dengan Tuhan. Mungkin kita salah tangkap, kita menunggu Tuhan audible, itu sulit karena Tuhan bisa bicara melalui apapun baik mimpi, kejadian dll. Tuhan tidak selalu bicara dengan hamba Tuhan contohnya kisah daripada Hagai ini. Tuhan tidak bicara kepada Yosua bin Hadad tapi Tuhan bicara kepada nabi Hagai. Kita tidak bisa mengatur Tuhan. Itu haknya Tuhan. Bangsa Israel berfikir kalau masalahnya selesai maka mereka bisa melayani Tuhan. Tapi yang harus kita kejar adalah apa maunya Tuhan. Rencana Tuhan tidak selalu sesuai dengan apa yang kita fikirkan. Kenapa kita belum bisa mencapai yobel? Karena belum ada kesepakatan antara hati kita dengan hati Tuhan. Bangsa israel sering tidak menikmati apa yang Tuhan janjikan karena mereka juga belum singkron dengan hatinya Tuhan.
Matius 7:12
Kalau kita serius dengan Tuhan maka Tuhan juga serius dengan kita. Mari senangkan hati Tuhan. Ngobrollah dengan Tuhan setiap saat. Kalau kita tidak dapat kuncinya maka sering berkat itu terhambat. Yang membuat mujizat itu pending adalah diri kita sendiri. Dalam Tuhan ada hukumnya. Untuk yobel besar, kita butuh instruktur dan belajar. Kita perlu komunikasi dengan Tuhan. Yobel besar bisa terjadi bagi kita yang sudah akil balik. Kita menjadi ahli waris.
1 Korintus 3:10-
Fondasi kita adalah Tuhan Yesus. Antara bangunan dengan fondasi harus konek sehingga kalau ada goncangan maka rumah tidak roboh. Yang hrs kita perhatikan adalah kita harus komunikasi dengan Tuhan. Karena sayangnya Tuhan dengan kita Dia akan terus melihat apakah kita konek dengan Tuhan. Maka jangan menggerutu ketika badai masalah itu datang. Itu diijinkan spy kita nempel dengan fondasi Tuhan. Seringkali kita berfikir terlalu dangkal dan berkata tolong singkirkan masalah ini. Justru harusnya kita berkata Tuhan mampukan aku. Tuhan berikan contoh ketahanan baik emas, jerami dll. Kita punya Tuhan yang ajaib yang selalu memberi upah. Kita pasti butuh upah. Tapi upah itu bukan hanya sekedar uang tapi bisa saja kesembuhan, pembelaan, kemampuan, mujizat dll.
Dalam hidup kita, mungkin kita berkata aku banyak masalah urusan Tuhan setelah masalahku selesai. Tapi taukah kita ketika kita mau dengar2an akan Tuhan maka Tuhan sanggup melepaskan kita dari setiap masalah itu. Wahyu 3:5. Kerjaan kuda hitam adalah mengukur cawan dalam hidup kita. Apakah cawan kita banyak + atau banyak - nya. Cawan positif yang dimaksut adalah bukan yang baik menurut kita tapi yang baik menurut Tuhan. Dalam penderitaan carilah Tuhan sampai kita mengertia apa yang Tuhan mau sehingga itu mengubah pola pikir kita. Kalau kita percaya dan melakukan tepat seperti yang Tuhan mau, maka kita akan masuk dan mengalami yobel besar. Tuhan akan mengandeng hidup kita karena mata Tuhan tertuju kepada kita. Semua tergantung seberapa kita serius dengan Tuhan.
Hagai 7:8
Hati Tuhan mau menyatakan kemuliaannya. Kembali ke posisi kita yang benar, dengarkan apa yang Tuhan katakan. Berjalanlah sesuatu apa yang Tuhan katakan jangan atas pikiran kita sendiri. Larilah ke gunung Tuhan. Bawalah kayu artinya bawalah hati kita. Persembahan yang terbaik bukanlah kayu, domba tapi persembahan yang terbaik adalah hati kita. Lakukan dengan hati kita apa yang Tuhan rindukan. Carilah terlebih dahulu kerajaan Allah dan kebenarannya maka semuanya akan diberikan kepada kita. Tuhan yang akan menyelesaikan masalah kita, olehnya kita percaya kepada Tuhan.

Tidak ada komentar: