Senin, 13 Mei 2013

Tahlukkan Median

Minggu, 5 Mei 2013
Ibu Lindawati Tedja

 
Hakim - Hakim 6:1-16
Banyak dari hidup kita yang dalam cengkeraman kuasa kegelapan. Seperti halnya dengan bangsa Israel dikuasai oleh Median sehingga mereka hidup dalam ketakutan. Bahkan setiap kali musim panen tiba, semua hasil panenan dihhabisi oleh Median.

Hakim-Hakim 6:4-6

berkemahlah orang-orang itu di daerah mereka, dan memusnahkan hasil tanah itu sampai ke dekat Gaza, dan tidak meninggalkan bahan makanan apapun di Israel, juga domba, atau lembu atau keledaipun tidak. Sebab orang-orang itu datang maju dengan ternaknya dan kemahnya, dan datangnya itu berbanyak-banyak seperti belalang. Orang-orangnya dan unta-untanya tidak terhitung banyaknya, sekaliannya datang ke negeri itu untuk memusnahkannya, sehingga orang Israel menjadi sangat melarat oleh perbuatan orang Midian itu. Lalu berserulah orang Israel kepada TUHAN.
Sering dalam hidup kita ada suatu masa dimana kita dihabisi oleh setan yang terus "mencari celah" untuk mencuri, membunuh dan membinasakan tanpa tersisa sampai hidup kita sangat melarat. Hari-hari ini Tuhan janjikan supaya kita menikmati 7 tahun kelimpahan, bukan 7 tahun di bawah tekanan Median.


Hakim-Hakim 6:10
Bangsa Israel berada dalam kondisi melarat karena mereka berbuat jahat dimata Tuhan dengan sujud menyembah allah bangsa Amori dan tidak mendengarkan suara Tuhan. Dan Aku telah berfirman kepadamu: Akulah TUHAN, Allahmu, maka janganlah kamu menyembah allah orang Amori, yang negerinya kamu diami ini. Tetapi kamu tidak mendengarkan firman-Ku itu."

Setiap hal yang mengikat hidup kita baik material, keluarga bahkan hobipun bisa menjadi berhala dalam hidup kita. Sosok hamba Tuhan juga bisa dijadikan berhala, setiap kita ada dalam suatu masalah, kita selalu "mendewakannya" sehingga menjadi sakit hati Tuhan.

Yoel 2:25-26
Aku akan memulihkan kepadamu tahun-tahun yang hasilnya dimakan habis oleh belalang pindahan, belalang pelompat, belalang pelahap dan belalang pengerip, tentara-Ku yang besar yang Kukirim ke antara kamu. Maka kamu akan makan banyak-banyak dan menjadi kenyang, dan kamu akan memuji-muji nama TUHAN, Allahmu, yang telah memperlakukan kamu dengan ajaib; dan umat-Ku tidak akan menjadi malu lagi untuk selama-lamanya.
Empat jenis belalang yang menggerogoti hidup kita sebagai gambaran Median yang menghabisi bangsa Israel:
1. Belalang Pindahan
Belalang pindahan berbicara tentang roh. Roh yang membuat orang jatuh dalam dosa bisa perzinahan, pemberontakan, perceraian, perjudian, hutang dll. Belalang pindahan juga berbicara tentang kutuk baik kutuk keturunan maupun pribadi. Kutuk-kutuk tersebut yang membuat orang jatuh dalam dosa yang sama.
2. Belalang Pelompat
Belalang pelompat berbicara tentang jiwa. Orang mudah tertekan, hidup dalam ketakutan, kekuatiran, stress, kebekuan, tidak ada passion, tidak taat, tegar tengkuk, angkuh, kecewa, kepahitan, egois dll.
3. Belalang Pelahap
Belalang pelahab berbicara tentang ekonomi atau keuangan. Aku akan menghardik bagimu belalang pelahap, supaya jangan dihabisinya hasil tanahmu dan supaya jangan pohon anggur di padang tidak berbuah bagimu, firman TUHAN semesta alam (Maleakhi 3:11).
Ada beberapa kesempatan berkat keuangan yang terhilang oleh karena dimakan belalang pelahap. Belalang pelahap ada karena kita tidak mengembalikan persepuluhan dan persembahan khusus. Pada saat persepuluhan dan persembahan khusus maupun korban nazar kita bayar, sebenarnya Tuhan sedang memutus keterikatan kita kepada uang/cinta uang. Tuhan mengajar supaya kita bergantung pada Pribadi-Nya. Tuhan mengajar kita keluar dari keserakahan. Kita akan melihat bagaimana Tuhan membuka tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat yang terbaik.
4. Belalang Pengerip
Belalang pengerip berbicara tentang kesehatan tubuh. Setan mencoba menggerogoti hidup kita melalui sakit penyakit.

Hakim-Hakim 6:14-15
Lalu berpalinglah TUHAN kepadanya dan berfirman: "Pergilah dengan kekuatanmu ini dan selamatkanlah orang Israel dari cengkeraman orang Midian. Bukankah Aku mengutus engkau!" Tetapi jawabnya kepada-Nya: "Ah Tuhanku, dengan apakah akan kuselamatkan orang Israel? Ketahuilah, kaumku adalah yang paling kecil di antara suku Manasye dan akupun seorang yang paling muda di antara kaum keluargaku."

Habisi semua Median dalam hidup kita. Habisi belalang pindahan, belalang pelompat, belalang pelahap, dan belalang pengerip. Habisi dengan kuat, tuntas tanpa tersisa. Mulailah pergi keluar dengan kekuatan dari Tuhan untuk menyelamatkan orang lain yang masih tercengkeram Median. Tuhan taruh destiny besar dalam hidup kita. Tanpa Median dihabisi, semua destiny kita hanya menjadi kata kiasan saja. Jangan biarkan Median menjadi penghambat penuntasan destiny yang telah Tuhan tetapkan.

Tidak ada komentar: